Wow! Ini 5 Kelebihan Kepribadian Introvert yang Ada di Semua Orang Introvert

Apakah kamu merasa kepribadianmu, kepribadian introvert? Sudah tahu kelebihan orang introvert? Jika belum, yuk baca artikel sehatmental.net ini.

Setiap pribadi introvert (orang introvert) memiliki kelebihan dan kelemahan. Hal ini bergantung pada tipe kepribadian individu tersebut. Namun demikian, ada aspek yang kemungkinan dimiliki oleh semua orang introvert.

Mari kita simak seperti apa kelebihan dari kepribadian introvert menurut Nate Nicholson dalam bukunya “How to Make Friends as an Introvert”.

5 Kelebihan Kepribadian Introvert

1. Kemampuan Mendengarkan

Kemampuan mendengarkan orang introvert lebih berkembang dibandingkan orang ekstrovert. Orang introvert lebih menikmati perannya sebagai pengamat dan memberikan kesempatan kepada orang lain berbicara tanpa menyela.

Kemampuan mendengarkan ini dapat mendorong orang lain untuk terbuka dan merasa nyaman berbicara dengan orang introvert tanpa merasa tergesa-gesa.

Orang introvert tidak perlu banyak bicara dan orang-orang akan senang berbicara dengan mereka. Mereka memiliki empati terhadap apa yang dirasakan oleh lawan bicaranya.

Mengapa orang introvert memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik? Hal ini dikarenakan mereka lebih detail dalam melihat sesuatu dibandingkan dengan orang ekstrovert.

Lainnya, mereka lebih senang observasi daripada menjadi pusat perhatian. Mereka bisa lebih peka memahami emosi atau kondisi yang dirasakan oleh lawan bicaranya.

Mereka dapat lebih mengembangkan keterampilan mendengarkannya, agar hubungan bisa lebih mendalam dengan orang-orang di sekitarnya.

2. Fokus pada kualitas

Orang introvert lebih mengembangkan hubungan mendalam dengan sedikit orang. Mereka cenderung memaksimalkan kualitas hubungan daripada kuantitas.

Orang introvert lebih mudah mengingat atau menghapal informasi mengenai teman di sekitarnya. Hal ini dikarenakan sedikitnya teman dan secara tidak langsung informasi mereka juga bisa lebih detail. Misalnya informasi mengenai tanggal lahir, hari jadian, dan tanggal-tangal penting lainnya mengenai teman dekat mereka.

3. Dewasa

Orang introvert memiliki pandangan hidup yang jauh lebih dewasa daripada kebanyakan orang di sekitarnya. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu mereka sendirian, dan saat ini pula mereka seringkali fokus kepada refleksi atau kehidupan.

Kedewasaan orang introvert dapat membuat mereka melihat gambaran yang lebih besar dan mereka bisa memberikan nasihat atau saran kepada orang di sekitarnya. Mereka juga dapat menjadi seorang problem solving.

4. Kejujuran

Kepribadian introvert

Hasil penelitian menemukan bahwa semakin reflektif seseorang, maka semakin jujur mereka. Karena introvert lebih reflektif daripada ekstrovert, maka mereka cenderung lebih jujur.

5. Pengetahuan yang Luas

Kepribadian Introvert

Orang introvert menghabiskan waktu lebih banyak dalam kesehariannya, baik itu membaca buku, website/internet, atau mendapatkan informasi dalam bentuk yang berbeda. Akibatnya, pengetahuan mereka luas tentang berbagai topik, baik berkaitan dengan kehidupan maupun isu mendalam yang bersifat spiritual.

 

Apakah kamu seorang dengan kepribadian introvert? Dan apa yang disampaikan dalam artikel ini benar adanya pada diri kamu? Kamu boleh koment di bawah artikel ini ya, Sahabat.

Demikian 5 kelebihan kepribadian introvert yang dirangkum dalam bukunya Nate Nicholson Semoga dengan memahami informasi ini, dapat membuat kamu lebih sayang kepada diri kamu.

Salam sehat mental dari P2Japsi.

 

Sumber:

Nicholson, N. (n.d.). How to make friends as an introvert. Blue Sky Publishing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.