6 Tips Orang Introvert dalam Berkomunikasi Agar Menyenangkan Orang Sekitar

6 Tips untuk Orang Introvert dalam Berkomunikasi

Berikut adalah 6 tips untuk orang introvert dalam berkomunikasi menurut Nate Nicholson dalam bukunya “How to Make Friends as an Introvert”:

Kenali Perasaan Mendalam Lawan Bicara

Saat berbicara dengan lawan bicara, hendaknya mencari tahu lebih mendalam mengenai apa yang mereka rasakan dan seringlah mengulangi atau mengkroscek perasaan mereka selama melakukan percakapan atau interaksi.

Sebagai contoh, Si A gagal dalam ujian. Maka kamu bisa memahami perasaannya dengan, “ya, aku tahu perasaan kamu. Tentunya kamu sudah belajar lebih giat untuk ujian tersebut”.

Mengajukan Beberapa Pertanyaan Mendalam saat Berkomunikasi dengan Orang Lain

Beberapa pertanyaan mendalam yang dapat kamu coba ajukan pada orang di sekitar kamu, seperti:

Apa yang paling membuatmu takut dan mengapa?

Apa yang membuatmu tersenyum atau bahagia?

Apa yang kamu anggap sebagai topik sensitif yang tidak boleh dijadikan sebagai bahan lelucon?

Apa yang paling kamu hargai dalam sebuah persahabatan?

Dengan memahami jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu bisa lebih mengenali lawan bicara kamu. Selain itu, tentunya memudahkan kamu melakukan apa yang orang seharusnya kamu lakukan. Dari hal ini pula, kamu bisa melakukan percakapan lebih mendalam yang dapat memperkuat hubungan persahabatan kamu dengannya

Selalu Ada “Untuknya” dan Ingat Moment Penting Lainnya

Untuk hubungan yang lebih mendalam, kamu perlu ingat informasi atau moment penting lainnya tentang teman kamu. Misalnya tanggal lahir, tanggal jadian, dan lainnya.

Ketika teman kamu butuh kamu, maka kamu bisa memberikan bantuanmu untuknya.

Latihlah Kedewasaan Kamu

Karena waktu orang introvert lebih banyak dihabiskan sendirian, maka seringkali mereka melakukan introspeksi dan memahami kehidupan lebih mendalam. Dengan kedewasaan orang introvert maka mereka bisa membantu sekitarnya dengan memberikan nasihat dan atau solusi atas masalah yang orang sekitarnya alami.

Bersikap Jujur

orang introvert

Bersikap terbuka dan jujur dengan apa yang kamu rasakan dan berikan pendapat yang jujur ketika ditanya. Lebih baik mengatakan apa adanya daripada harus berbohong. Karena kebohongan lebih menyakitkan daripada mengatakan yang sebenarnya.

Gunakan Wawasan untuk Memperdalam Hubungan dengan Sekitar

Orang introvert lebih banyak menghabiskan waktu sendiri. Mereka bisa membaca buku atau menambah wawasan mereka tentang berbagai topik. Topik yang dipahami inilah yang dapat digunakan dalam interaksi dengan orang lain.

Kemukakan pendapat kamu setiap kali topik yang kamu pahami muncul dalam percakapan. Dengan mengarahkan percakapan ke hal-hal yang kamu pahami lebih banyak, maka kamu tidak akan pernah kehabisan topik percakapan yang menarik.

 

Sumber:

Nicholson, N. (n.d.). How to make friends as an introvert. Blue Sky Publishing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.