8 Fakta tentang Stres yang Menarik dan Perlu Anda Pahami

8 Fakta Menarik Tentang Stres Yang Perlu Anda Pahami

 Premium Vector

Ada 8 fakta tentang stres yang perlu Anda pahami agar penanganan stres dapat tepat. Sehatmental.net akan membahasnya. Simak artikel berikut ini:

Fakta Pertama

Stres adalah reaksi normal yang dapat/bisa dirasakan oleh semua individu dan level usia tanpa terkecuali.

Fakta Kedua

Stres muncul sebagai reaksi akan adanya tekanan dan sebagai bentuk penyesuaian diri, tetapi bisa menjadi tidak sehat ketika mengganggu fungsi keseharian.

Fakta Ketiga

Fakta tentang stres yang ketiga adalah terkait pengaruh stres. Stres dapat mempengaruhi semua sistem tubuh termasuk musculoskeletal, pernapasan, kardiovaskulat, endokrin, gastrointestinal, saraf, dan sistem reproduksi (APA.org).

Fakta Keempat

Lebih dari ¾ individu dewasa mengalami gejala stres fisik atau emosional, seperti sakit kepala, kelelahan, ataupun perubahaan kebiasaan atau jadwal tidur (APA.org)

Fakta tentang stres

Fakta Kelima

Hampir setengah dari individu dewasa mengatakan bahwa mereka terbangun di malam hari karena stres di bulan sebelumnya (APA.org).

Fakta Keenam

Stres berbeda dengan kecemasan. Keduanya merupakan reaksi emosional, namun stres biasanya disebabkan pemicu eksternal.

Pemicu stres bisa jangka pendek (seperti deadline, pertengkaran dengan orang dicintai) atau jangka panjang (tidak bisa bekerja, diskriminasi, atau penyakit kronis). Sementara kecemasan didefinisikan sebagai kekhawatiran yang terus-menerus dan berlebihan yang tidak hilang bahkan tanpa adanya stressor (APA.org).

Fakta Ketujuh

Hampir 3 dari 5 individu dewasa mengatakan bahwa mereka merasakan kondisi yang lebih baik saat mendapatkan banyak dukungan emosional (APA.org).

Fakta tentang stres 3

Fakta Kedelapan

Fakta tentang stres yang kedelapan adalah terkait penanganannya. 44% individu dewasa mengatakan bahwa olahraga atau berjalan dapat mengelola stres, dan 47% mengatakan mereka lebih baik saat mendengarkan musik. Lebih dari sepertiga (37%) menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga untuk kelola stres menjadi lebih baik (APA.org).

 

Demikian 8 Fakta tentang Stres. Semoga bermanfaat

 

Salam sehat selalu dan sehat mental bersama P2Japsi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.