9 Akibat Tidak Percaya Diri

0 9

Artikel sehatmental.net kali ini membahas mengenai akibat tidak percaya diri.

Setiap individu ingin memiliki rasa percaya diri. Karena dengan adanya percaya diri dapat membuat individu menjadi lebih “bebas” dan “nyaman” dalam melakukan sesuatu hal. Namun baiknya, rasa percaya diri ini haruslah sesuai dengan “porsi” seharusnya. Menjadi terlalu percaya diri juga tentu kurang baik, sebaliknya sangat tidak percaya diri pun akan kurang baik pula. Olehnya itu, di artikel ini akan dibahas mengenai Cara Menjadi Percaya Diri dan Tidak Pemalu sesuai dengan “porsi seharus dan sewajarnya”.

Percaya diri dapat diartikan sebagai perasaan tidak malu, bebas dari rasa takut, dan berani untuk melakukan sesuatu hal yang diinginkan atau yang diharapkan. Dengan percaya diri, tentu hasil yang diinginkan bisa kamu capai seoptimal mungkin.

Akibat Tidak Percaya Diri

Berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi sebagai akibat tidak percaya diri:

1.  Sulit Memiliki Teman

Akibat Tidak Percaya Diri

Karena tidak percaya diri, maka kamu dapat kesulitan menjalin hubungan dengan orang lain. Jika perasaan tidak percaya selalu ada pada diri kamu, bagaimana orang lain merasakan kenyamanan bersama kamu, sementara kamu sendiri tidak nyaman dan tidak yakin akan diri kamu.

2. Sulit Menemukan Kelebihan dalam Diri

Akibat Tidak Percaya Diri

Karena fokus kepada ketidakmampuan diri, maka kamu akan kesulitan menemukan kelebihan dalam diri kamu. Padahal, dengan memahami kelebihan diri, maka kamu bisa semakin percaya diri dan merasa berharga.

3. Mudah Merasakan Kesepian

Akibat Tidak Percaya Diri

Karena adanya perasaan was-was, cemas, takut, dan tidak percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain, maka akan menjadikan kamu mudah merasakan kesepian. Hal ini terjadi karena kamu tidak ada teman berbagi rasa atau teman dalam segala hal.

4. Mudah Merasakan Penyesalan

Akibat Tidak Percaya Diri

Kamu yang tidak percaya diri cenderung mudah merasakan penyesalan, terutama jika kamu mendapat tuntutan lebih dari lingkungan. Ketika kamu tidak berhasil memenuhi tuntutan tersebut akibat rasa tidak percaya diri, maka kamu akan mudah merasakan penyesalan.

5. Mudah Merasakan Stres dan Emosi Negatif

Akibat Tidak Percaya Diri

Karena merasa tidak percaya diri, maka kamu akan mudah merasakan tertekan/stres. Kamu juga akan mudah merasakan emosi negatif. Hal ini ada kaitannya dengan kekurangyakinan kamu atas kemampuan yang kamu miliki. Sebagai contoh, ketika kamu diberikan suatu tugas baru atau tugas yang berbeda dan kamu yang memiliki percaya diri yang kurang, maka akan mudah merasakan tugas tersebut sebagai sesuatu yang menekan atau sumber stressor baru buatmu.

Kesepian dan tidak ada teman karena sulit berinteraksi dengan orang lain, dapat membuatmu merasakan tertekan atau stres dan mudah merasakan emosi negatif lainnya.

Tidak percaya diri juga dapat membuat individu mudah merasakan masalah psikologis lainnya, seperti kegagalan, kurang bahagia, lebih pesimis, dan kurang termotivasi dibandingkan dengan orang lain atau teman sebaya yang memiliki rasa percaya diri. Individu yang tidak percaya diri juga memiliki suasana hati yang jauh lebih buruk. Mereka akan lebih berisiko mengalami depresi, kegelisahan, dan gangguan pola makan.

6. Sulit Beradaptasi ketika Berada di Lingkungan Baru

Akibat Tidak Percaya Diri

Karena tidak percaya diri atas kemampuan serta kekhawatiran yang dimiliki, maka dapat membuat kamu sulit beradaptasi di lingkungan baru. Hal ini juga ada kaitannya dengan ketidakmampuan atau kesulitan menjalin  hubungan serta menyesuaikan diri.

7. Mudah Tergantung Kepada Orang Lain

8 Akibat Tidak Percaya Diri

Individu yang tidak percaya diri akan sesering mungkin meminta bantuan kepada orang lain. Hal ini dapat mengakibatkan individu menjadi bergantung kepada orang lain.

8. Mudah Melakukan Kesalahan

7 Akibat Tidak Percaya Diri

Akibat tidak percaya diri atas kemampuan yang dimiliki, maka mudah melakukan kesalahan karena kamu mudah cemas dan grogi.

9. Hasil Kerja yang Didapatkan Terkadang Tidak Sesuai dan Kurang Optimal

Akibat Tidak Percaya Diri

Karena tidak percaya diri, kamu dapat kurang optimal bekerja dan menghasilkan hasil terbaik. Hal ini terjadi karena fokus kepada ketidakmampuan yang dimiliki dan kurang “menantang” diri untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.

Demikian artikel mengenai 9 akibat tidak percaya diri. Tentu kurang dan tidak percaya diri itu tidak nyaman dan tidak mengenakkan ya. Selanjutnya sehatmental.net akan membahas mengenai cara menjadi percaya diri yang dapat kamu pahami pada artikel ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.