Waspada dan 6 Cara Cegah Cabin Fever di Masa Pandemi Covid-19 dan PSBB

0 18

Waspada dan Cegah Cabin Fever yang Melanda Anda, terutama di Masa Pandemik Covid-19 dan PSBB/Karantina

Waspada dan Cegah Cabin Fever di Masa Pandemi Covid-19

Di 2020, Indonesia sedang mengalami bencana alam non alam, yaitu pandemik Covid-19. Sejak adanya pandemik ini, pemerintah mengeluarkan peraturan terkait PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu isi peraturan pemerintah adalah dilarangnya warga Indonesia untuk keluar rumah atau berkegiatan di luar rumah, kecuali kondisi darurat. Peraturan ini sudah berlaku sejak 10 April 2020 hingga 20 Mei 2020, dan tidak diketahui sampai batas berlakunya aturan tersebut.

Beberapa warga yang menaati peraturan ini dengan tetap berada dan beraktivitas di rumah, berpeluang atau berisiko merasakan gejala yang namanya “cabin fever”. Gejala ini bukanlah suatu gangguan kejiwaan, namun menimbulkan ketidaknyamanan pada diri.

Apa itu Cabin Fever?

Cabin fever adalah kondisi yang menunjukkan ketidaknyamanan karena berdiam diri di rumah atau suatu tempat pada jangka waktu lama. Ketidaknyamanan yang dirasakan berupa perasaan negatif, seperti sedih, gelisah, bosan, dan stres/tertekan.

Individu yang Berisiko Mengalami Cabin Fever

Cabin fever mudah dialami oleh individu yang berada pada tempat perlindungan akibat terjadi bencana atau cuaca buruk. Individu yang menjalani karantina akibat bencana alam non alam seperti pandemik Covid-19 ini juga berisiko mengalami cabin fever.

Waspada dan Cegah Cabin Fever di Masa Pandemi Covid-19 dan PSBB

Gejala Cabin Fever

Gejala cabin fever bisa dialami siapa saja, dan terutama pada individu yang berisiko mengalami cabin fever. Gejalanya bisa berbeda pada tiap individu. Namun, gejala yang dirasakan dapat muncul tidak hanya sesaat namun bisa berlangsung lama serta mengganggu aktivitas, seperti aktivitas harian, pekerjaan, dan interaksi dengan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang dirasakan individu yang mengalami cabin fever:

  • Sedih
  • Merasa bosan
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Gelisah atau cemas
  • Sulit mengontrol emosi negatif
  • Kurang minat dan motivasi
  • Putus asa
  • Tidak bisa diam
  • Lemas
  • Sulit berkonsentrasi dan fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan
  • Depresi
  • Gangguan tidur
  • Dan lainnya

Penyebab Cabin Fever

Cabin fever mudah rentan dialami individu jika individu tersebut tidak melakukan aktivitas apapun selama karantina atau di rumah. Individu menjadi kurang aktif hingga pada akhirnya ia merasakan kebosanan.

Selama masa karantina, individu mungkin lebih banyak berdiam diri, berleyeh-leyeh atau santai. Karena tidak adanya aktivitas dan dilakukan dalam jangka waktu lama, maka individu akan mudah bosan dan bisa saja merasakan cabin fever.

Waspada dan Cegah Cabin Fever di Masa Pandemi Covid-19 dan PSBB

Cara Mengatasi Cabin Fever

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat merasakan gejala cabin fever, yaitu:

  • Keluar rumah

Keluar rumah di sini yang dimaksud adalah bukan bepergiaan jauh dari rumah, namun melakukan aktivitas ringan di luar dan sekitar rumah. Kegiatan yang dapat dilakukan misalnya duduk santai di depan rumah, berkeliling kompleks perumahan, menghirup udara segar di luar rumah, ataupun berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Saat berada di luar rumah sangatlah dianjurkan untuk tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing pada orang yang Anda temui. Selain itu, setelah melakukan aktivitas di luar rumah, sangat dianjurkan pula untuk mencuci tangan dan bila memungkinkan untuk segera mandi dan mengganti baju.

  • Tetap melakukan aktivitas biasa

Meski Anda hanya di rumah, bukan berarti Anda harus berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas apapun. Anda tetap perlu melakukan rutinitas harian dan sebaiknya dilakukan secara rutin.

Jika Anda bekerja dari rumah (work from home), Anda dapat membuat jadwal rutin Anda bekerja dan aktivitas di rumah. Lakukan aktivitas seperti biasanya sebelum adanya pandemik Covid-19. Karena yang membedakan hanyalah tempat Anda bekerja.

Contoh jadwal rutin yang dapat Anda terapkan yaitu bangun dan mandi di pagi hari agar tubuh tetap segar dan pikiran jernih. Anda dapat memilih menyelesaikan aktivitas rumah atau pekerjaan kantor terlebih dahulu. Setelah semua aktivitas sudah selesai Anda lakukan, Anda perlu istirahat.

Anda pun perlu membatasi jam kerja Anda. Bukan berarti bekerja dari rumah membuat Anda lupa waktu dan begadang misalnya.

  • Melakukan aktivitas baru

Mencari kesibukan baru dengan melakukan aktivitas baru dan menyenangkan dapat mengurangi kebosanan yang Anda rasakan. Anda pun dapat mengembangkan kemampuan yang sudah Anda miliki untuk lebih ahli di bidang tersebut.

  • Rutin berolahraga

Untuk tetap sehat secara fisik dan mental, olahraga rutin sangat dianjurkan. Berbagai olahraga pilihan yang dapat Anda lakukan seperti jogging atau lari pagi, yoga, treadmill, dan lainnya. Lakukan olahraga secara rutin, minimal 30 menit sehari.

  • Komunikasi dengan sekitar

Untuk mengurangi kebosanan dan cabin fever, gunakan waktu saat ini untuk menjalin kedekatan lebih harmonis dengan keluarga atau orang di sekitar Anda. Anda pun dapat melakukan aktivitas bersama dengan keluarga. Bangun kedekatan, hubungan, dan komunikasi yang lebih efektif dan harmonis.

Anda pun dapat berkomunikasi dengan orang lain di luar keluarga inti, misal keluarga besar atau sahabat. Anda dapat menanyakan kabar dan saling bertukar informasi dengan mereka.

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Pola makan sehat dan bergizi di masa pandemik Covid-19 ini sangat perlu Anda terapkan. Selain untuk kesehatan Anda, juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain itu, Anda pun perlu mengonsumsi makanan secara teratur serta jaga porsi makanan Anda supaya tidak berlebih dan kekurangan.

 

Jika Anda sudah melakukan cara yang disebutkan di atas, dan belum ada perubahan yang lebih baik, maka Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut pada tenaga profesional seperti dokter, psikiater, atau psikolog.

Kesimpulan

Buatlah diri Anda nyaman dan tetap bahagia meski hanya di rumah saja atau saat pandemi Covid-19 ini berlangsung. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental Anda.

Demikian artikel mengenai cabin fever. Semoga bermanfaat dan membantu Anda menjadi lebih sehat mental dan fisik.

 

Penulis: Sitti Rahmah Marsidi, S.Psi., M.Psi., Psi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.