13 Cara Berpikir Positif Efektif, Dan Disertai Langkah Maupun Latihan

0 29

Sehat Mental dengan Cara Berpikir Positif

Berpikir positif adalah salah satu cara mudah, murah, dan dapat dilakukan dimanapun Anda berada. Dengan berpikir positif, maka Anda dapat merasakan emosi positif serta efektif menangani berbagai masalah dan gangguan psikologis.

Manfaat lain dari berpikir positif adalah mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga sangat baik pada kesehatan dan kesembuhan masalah fisik. Dengan kata lain, berpikir positif sangat baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental Anda.

Olehnya itu, sangat diperlukan cara berpikir positif agar hasil efektif dan positif pada diri. Berikut ini terdapat 20+ cara berpikir positif yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda.

Latihan Cara Berpikir Positif

Berikut ini adalah latihan pertama tentang cara berpikir positif yang dapat Anda lakukan.

Di sebelah kiri, tuliskan 5 hal negatif atau pikiran yang salah dalam hidup Anda. Di sebelah kanan, tuliskan 5 hal yang berjalan dengan baik saat ini.

Mungkin Anda akan memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan daftar hal sisi “baik”. Namun tidak masalah, setelah Anda membuat kedua daftar tersebut, maka bacalah daftar hal “negatif” Anda. Bagaimana perasaan Anda?

Sekarang baca daftar hal “positif” Anda secara berulang-ulang.

Apakah Anda merasakan kejutan bahwa setelah membaca daftar hal “positif”, maka kondisi Anda menjadi lebih baik?

“Hal Negatif”

“Hal Positif”

Sekarang, kita lanjut ke cara berpikir positif berikutnya

Anda dapat lakukan latihan yang sama dengan di atas, namun yang dipikirkan adalah yang Anda inginkan 1 tahun atau 5 tahun ke depan. Tuliskan hal-hal buruk atau negatif yang dapat terjadi di sebelah kiri, dan hal baik di sebelah kanan.

Daftar mana yang membantu Anda merasa lebih baik?

“Hal Negatif”

“Hal Positif”

Setelah melakukan hal di atas, maka Anda dapat melakukan refleksi. Apa yang Anda rasakan dari kedua hal di atas (hal negatif dan hal positif)? Daftar hal yang mana membuat Anda nyaman dan merasa lebih baik?

Maka, dari refleksi ini, Anda dapat memahami bahwa hal yang baiklah atau hal yang positiflah yang bisa membuat kondisi Anda lebih baik. Maka, berpikir positiflah.

Bagaimana Jika Saya Tidak Dapat Berpikir Positif dan Bahkan Merasa Lebih Buruk?

Beberapa pemikiran dan harapan dapat menyebabkan pikiran negatif dan depresi. Jika demikian, cara berpikir positif berikutnya adalah mencari aspek “baik atau positif” dari setiap situasi. Hal tersebut dapat terlihat jika Anda memikirkan hal tersebut lebih dalam lagi.

Pikiran atau hal positif tersebut “bersembunyi” di hadapan Anda. Anda dapat meminta bantuan orang di sekitar Anda untuk membantu Anda menemukannya. Namun, setelah itu, Anda bisa melakukannya sendiri dan mandiri.

Hal yang Perlu Anda Pahami Mengenai Cara Berpikir Positif

Cara Berpikir Positif Disertai Langkah dan Latihan

  • Anda dapat belajar mengenali pikiran, terutama ketika pikiran negatif muncul. Anda mungkin memikirkan dan merasakannya sepanjang waktu dan tidak menyadarinya.
  • Bisa jadi, cara berpikir tersebut sudah menjadi kebiasaan Anda. Olehnya itu, gantikan pikiran negatif yang mengarah pada perasaan yang baik dan positif, dan tentu ini butuh latihan.
  • Dibutuhkan energi dan semangat untuk mengatakan pada diri Anda bahwa “Aku akan melakukan ini dengan baik”, dan lakukanlah dengan baik.
  • Hindari mengingat hal yang tidak sesuai keinginan Anda. Ingat, ada banyak hal pencapaian atau kesuksesan Anda di lain hal, sadari, dan ucapkan selamat pada diri Anda.
  • Selama ini Anda mungkin lebih banyak berpikir dan berbicara yang negatif pada diri dan Anda sering melakukannya berulang kali. Setelah Anda menyadari ketika melakukan hal tersebut, maka segera latih berpikir dan berbicara positif serta baik kepada diri.
  • Anda dapat menyadari bahwa hari ini mungkin hari yang tidak baik untuk Anda, namun tidak untuk esok hari. Anda dapat berpikir bahwa esok hari menjadi lebih baik dari hari ini.
  • Jangan salahkan diri atas kesalahan yang sudah dilakukan atau kegagalan yang terjadi. Selalu ada banyak alasan dan sebab hal tersebut terjadi. Faktor lingkungan dan orang lain juga bisa jadi penyebab kesalahan atau kegagalan itu terjadi.
  • Jangan menyalahkan orang lain ketika ada kesalahan, terutama pada orang yang Anda cintai dan rekan kerja Anda. Kesalahan dapat terjadi karena beberapa alasan. Latihlah diri mengenali semua alasan untuk situasi dan mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan mengenai hal tersebut.
  • Hindari pemikiran “hitam dan putih” (artinya, semuanya tampak baik atau buruk). Tidak ada yang buruk. Selalu ada hal-hal baik yang bisa Anda pikirkan.
  • Hindari mengeluh terus-menerus mengenai masa-masa sulit atau kesulitan, atau berpikir buruk daripada yang sebenarnya. Fokuskan diri pada bagaimana sebenarnya. Maka Anda akan jauh lebih mudah untuk memikirkan cara membuat situasi lebih baik untuk Anda.

Cara Berpikir Positif dengan Melihat Sisi Positif Lain dari Hal Negatif

Penjelasan cara berpikir positif berikutnya, terutama dalam melihat sisi positif lain dari hal negatif yang muncul atau terlihat:

13 Cara Berpikir Positif, Disertai Langkah dan Latihan

Di sebuah danau, ada seorang cucu bersama dengan neneknya yang sedang memperhatikan pemandangan di sekitar danau. Nenek tinggal di sekitar danau tersebut, namun tidak dengan cucu. Cucu tinggal di sebuah kota yang jauh dari tempat tinggal sang nenek.

Sang cucu berkata “Nenek, untuk apa mengajak saya ke danau ini?. Danau ini tampak kotor, banyak perahu yang sudah berkarat dan tidak terurus, danau pun tampak tidak terawat”.

Nenek menjawab “Semua yang kamu katakan benar, Cu. Tapi coba lihat betapa indahnya matahari saat terbenam di atas air. Lihatlah betapa cantiknya angsa itu. Udara di sini sangat sejuk”. Ketika gadis kecil itu memandang ke arah danau dan melihat semua yang dikatakan oleh neneknya. Ia bisa melihat keindahannya.

13 Cara Berpikir Positif, Lengkap dengan Langkah dan Latihan

Setelah beberapa saat, ia tidak melihat hal negatif yang sudah ia sampaikan dan temukan tadi. Ia hanya melihat dan menikmati keindahan.

Setelah beberapa kali berkunjung ke danau tersebut, sang cucu selalu senang melihat pemandangan indah di luar jendela belakang rumah nenek.

Refleksi dari cerita di atas bahwa ada keindahan dalam kehidupan kita. Ketika kita tertekan dan depresi, yang kita lihat hanyalah keburukan atau hal negatif. Terkadang kita hanya butuh seseorang untuk menunjukkan hal-hal baik kepada kita sehingga kita dapat mengingat untuk melihat dan memahaminya.

Jika Anda sulit melakukan dan merasakannya, terutama ketika Anda sangat tertekan atau depresi, maka Anda dapat berbagi perasaan dan pikiran dengan orang di sekitar Anda (social support system). Anda pun dapat meminta bantuan mereka untuk mengajarkan dan mengingatkan Anda untuk berpikir positif.

Anda pun dapat berkonsultasi langsung pada psikolog atau psikiater untuk membantu Anda mengenali pikiran dan perilaku Anda yang dapat menyebabkan Anda merasakan tekanan, depresi, dan ketidaknyamanan lainnya. Ataupun mengajarkan Anda bagaimana cara berpikir positif atas masalah spesifik yang Anda rasakan.

Semoga artikel sehatmental.net ini bermanfaat untuk membantu Anda mengenali dan melakukan cara berpikir positif yang efektif. Silahkan Anda berbagi artikel ini kepada orang terdekat Anda yang membutuhkan informasi mengenai cara berpikir positif untuk membantu menangani permasalahan mereka.

Leave A Reply

Your email address will not be published.