10 Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

0 23

Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

Setelah memahami artikel sehatmental.net sebelumnya yang membahas mengenai penyebab tidak percaya diri dan akibat tidak percaya, maka di artikel ini akan dibahas mengenai Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.

Menjadi percaya diri merupakan impian beberapa orang. Karena dengan percaya diri, individu dapat merasakan kenyamanan dan sehat secara mental. Dengan percaya diri pula, individu dapat lebih sering merasakan emosi positif.

Baik, kita langsung saja ke pembahasan mengenai Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Berikut ini cara mengatasi rasa tidak percaya diri yang dapat dilakukan oleh Sahabat:

  • Pertama, Ketika di sekitar Sahabat menuntut Sahabat untuk melakukan sesuatu di luar kemampuan diri Sahabat, maka Sahabat dapat memberikan “challenge” ke diri bahwa Sahabat bisa dan mampu mengerjakan dengan baik. Berikan afirmasi positif bahwa Sahabat bisa, Sahabat mampu. Pahami bahwa Challenge tersebut adalah kesempatan Sahabat untuk menjadi lebih baik. Kemampuan tersebut dapat Sahabat asah melalui informasi di internet ataupun bertanya kepada ahlinya.

10 Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

  • Kedua, Jika Sahabat seringkali mendapat label negatif bahwa Sahabat tidak bisa dan atau tidak mampu, maka Sahabat bisa mengacuhkan label negatif tersebut. Sahabat bisa memberikan afirmasi positif dengan mengatakan bahwa “Saya tidak mampu melakukannya, karena memang itu bukan keahlian saya. Keahlian saya di bidang lain. Mereka tidak paham tentang saya. Saya abaikan apa yang mereka katakan pada saya.” Atau “Saya memang tidak bisa dengan apa yang diminta, karena saya memang tidak ahli di bidang itu.”, atau kalimat afirmasi positif lainnya.
  • Ketiga, Jika rasa tidak percaya diri Sahabat terkait dengan tidak ada yang bisa dibanggakan pada diri. Maka Sahabat bisa memahami hal berikut ini, bahwa “Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan”. Fokus pada hal yang Sahabat bisa dan mampu ya. Coba refleksikan diri, apa yang menjadi “pembeda positif” Sahabat dengan orang lain? Ucapkan dan afirmasikan hal positif Sahabat ketika muncul perasaan tidak percaya diri.

10 Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

  • Keempat, Ketika Sahabat jarang mendapat apresiasi dari orang lain atau sekitar, dan ini membuat Sahabat menjadi tidak percaya diri, maka Sahabat bisa memberikan penguatan positif kepada diri dengan afirmasi positif. Misal “Saya bangga dengan diri saya, karena apa yang sudah saya lakukan sudah melebihi kapasitas yang saya mampu”. Dalam artian, berikan apresiasi kepada diri sesekali atau sesering mungkin untuk membuat Sahabat menjadi percaya diri.
  • Kelima, Ketika rasa percaya diri Sahabat berasal dari perasaan cemas dan takut mencoba hal baru, maka Sahabat bisa melakukan cara seperti yang dikemukakan di nomor 1 yaitu mencoba memberikan Challenge atau tantangan pada diri. Ketika Sahabat berhasil memenuhi tantangan tersebut, berikan reward atau hadiah kepada diri Sahabat, misal memberikan barang kesukaan yang disukai oleh diri Sahabat.
  • Keenam, Ketika Sahabat menjadi tidak percaya diri karena kritik berlebihan yang disampaikan oleh sekitar, maka Sahabat bisa menenangkan diri terlebih dahulu dengan afirmasi positif, seperti yang dikemukakan di poin 2 di atas. Setelah Sahabat sudah berhasil membuat diri tenang, maka Sahabat bisa merefleksikan diri, “kenapa hal tersebut bisa terjadi pada Sahabat?”, “Apa yang harus Sahabat lakukan supaya bisa lebih baik hasil kerjanya dan atau melakukan peningkatan pada kapasitas diri?”, dan lainnya.
  • Ketujuh, Jika Sahabat merasa tidak percaya diri karena merasa berbeda, maka Sahabat perlu memahami hal yang seperti dikemukakan di poin 3 di atas.
  • Kedelapan, Jika rasa percaya diri Sahabat disebabkan oleh pengaruh pola asuh orangtua atau sekitar, maka Sahabat tidak usah berkecil hati dan menyalahkan siapapun. Perasaan tidak nyaman ini atau rasa tidak percaya ini bisa Sahabat gantikan dengan positif, dan semuanya berasal dari diri Sahabat. Sahabat bisa melakukan poin-poin di atas. Dan untuk orangtua, seringlah memberikan apresiasi atas pencapaian yang Ananda tunjukkan.
  • Kesembilan, Saat Sahabat merasa tidak percaya diri karena penampilan fisik yang berbeda atau tidak sesuai harapan, maka Sahabat dapat mencoba melakukan cara mengatasi rasa tidak percaya berikut ini:

“Pahami bahwa fisik adalah ciptaan Allah. Tidak ada yang mustahil atau percuma Allah ciptakan. Belajar menerima apa yang sudah Allah berikan.

Penilaian terhadap fisik adalah subjektif. Artinya, penilaian pada fisik, cantik tidaknya, adalah bergantung pada persepsi orang, dan akan berbeda-beda persepsinya pada tiap orang. Mungkin menurut Sahabat, fisik Sahabat biasa, namun orang lain tidak mempermasalahan hal tersebut atau menilai tidak ada yang kurang dari fisik, Sahabat.

Jika Sahabat tetap merasakan ada yang kurang dengan fisik, maka Sahabat bisa mempercantik fisik Sahabat dengan hal dan kemampuan lainnya. Misal digantikan dengan sikap dan perilaku yang positif (ramah, sopan, baik hati), kecerdasan, keahlian, dan lainnya. Ini adalah cara mengatasi rasa tidak percaya diri yang kesembilan.

  • Kesepuluh, Jika rasa percaya diri Sahabat disebabkan oleh pengalaman tidak menyenangkan atau traumatis atau Sahabat adalah korban kekerasan, maka Sahabat bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada Psikolog ya.

10 Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

Demikian artikel sehatmental.net yang membahas mengenai Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jika cara di atas tidak mampu membantu Sahabat membuat Sahabat Tidak Percaya Diri, maka kini saatnya Sahabat berkonsultasi dengan Psikolog di sekitar Sahabat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.