3 Teknik Sederhana dan Mudah sebagai Cara Mengelola Stres, dan Sakit Fisik

0 48

Teknik Sederhana sebagai Cara Mengelola Stres atau Emosi Negatif dan Kesakitan dengan Titik Positif

Saat Anda mengalami cemas, khawatir, tertekan, dan emosi negatif lainnya, tentu Anda mungkin merasakan banyak gejala tidak menyenangkan / tidak nyaman. Gejala diantaranya sedih, gelisah, marah, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, malas berinteraksi, menghindar, asam lambung naik, GERD, tubuh menjadi lemas, dan lainnya.

Gejala yang dirasakan lebih kepada gejala negatif, yang dapat berdampak kepada kesehatan fisik, menurunkan produktifitas, dan semangat Anda untuk beraktivitas. Olehnya itu, Anda sangat perlu sekali untuk bisa mengelola stres atau emosi negatif yang ada.

Kali ini sehatmental.net akan berbagi cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan untuk mengelola stres atau emosi negatif yang dirasakan. Cara ini merupakan cara yang bisa Anda coba lakukan, dan semoga membantu kondisi Anda menjadi lebih baik.

Cara mengelola stres dan emosi negatif dengan titik positif

Berikut ini adalah cara mengelola stres dengan titik positif:

  • Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin. Anda dapat berbaring atau duduk bersila.

Cara mengelola stres

  • Pilihlah tempat yang tenang dan jauh dari keramaian atau kebisingan.
  • Kemudian, sentuhlah dua titik di dahi yang terletak di pertengahan antara alis dan perbatasan rambut

Cara mengelola stres

  • Selanjutnya, pikirkan situasi yang membuat Anda tidak nyaman, misal khawatir, takut, kesulitan dalam berpikir atau bekerja, sulit mengambil keputusan, sedih, sakit hati, dan lainnya.
  • Terima semua rasa dan sensasi apapun yang Anda rasakan. Jangan dilawan atau dihindari.
  • Bila Anda merasa sudah cukup memikirkannya, selanjutnya bayangkan bagaimana sebenarnya Anda ingin mengatasi kejadian tidak menyenangkan tersebut dengan cara yang positif. Tenangkan pikiran Anda.
  • Anda bisa menenangkan diri Anda dengan afirmasi positif, yaitu memberikan penguatan kepada diri menggunakan kata atau kalimat positif. Misalnya, “saya tenang”; “saya sehat”; “saya dalam kondisi baik”; “saya kuat menghadapi masalah ini”; “saya bisa berdamai dengan masalah ini”; Tuhan melindungi saya dan masalah ini pasti bisa saya hadapi dengan hasil terbaik”; serta kalimat positif dan menguatkan lainnya.
  • Proses ini berlangsung sekitar 30 detik hingga 10 menit atau sampai Anda merasa cukup dan tenang.

Manfaat dari sentuhan titik positif di atas, diantaranya:

  • Mengurangi stres atau tekanan di masa lalu, sekarang, dan masa yang akan datang, yang berhubungan dengan orang, situasi, tempat tertentu, penyakit, bencana, dan lainnya
  • Mengurangi impulsif atau bertindak tanpa berpikir
  • Mengatasi “lupa” karena gugup atau cemas
  • Menunjang ungkapan kata atau memudahkan berkata dan berbicara
  • Menenangkan pada saat menghadapi tes, ujian, dan penyesuaian dalam kehidupan sehari-hari.

Cara mengelola stres atau emosi negatif menggunakan teknik finger holding therapy

Terapi finger holding juga efektif sebagai cara mengelola stres dan emosi negatif lainnya.

Cara mengelola stres

Berikut cara mengelola stres dengan teknik finger holding :

  • Anda dapat melakukan teknik ini dimana saja dan kapan saja. Posisi tubuh dibuat senyaman mungkin. Anda dapat berbaring ataupun duduk.
  • Pegang jari Anda menggunakan tangan Anda yang lainnya, dan pegang jari sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan.

Cara mengelola stres

  • Jari jempol untuk kecemasan, kekhawatiran. Jari telunjuk untuk ketakutan. Jari tengah untuk kemarahan, kebencian, kecewa. Jari manis untuk kesedihan. Jari kelingking untuk harga diri.
  • Pegang jari Anda sekitar 1 hingga 5 menit. Berkonsentrasilah pada pernapasan Anda sambil memegang jari, dan rasakan masalah emosional atau masalah fisik yang muncul.
  • Saat memegang ibu jari, memungkinkan Anda untuk melepaskan masa lalu dan membantu Anda menghilangkan stres dan kekhawatiran Anda.

Dengan memegang ibu jari, maka dapat mengurangi stres, kekhawatiran, kecemasan, depresi, rasa bersalah, meningkatkan energi, pencernaan yang baik, menghilangkan racun dari tubuh, masalah pernapasan, harga diri, pemikiran jernih, membantu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, serta baik untuk limpa dan perut.

  • Dengan memegang jari telunjuk maka membantu Anda melepaskan ketakutan, depresi, merasa aman, demam, energi seksual, balance hormones, frustrasi, pikiran jernih, serta baik untuk ginjal dan kandung kemih.
  • Dengan memegang jari tengah maka membantu Anda melepaskan kemarahan, keseimbangan emosi, kelelahan, tekanan darah, masalah dalam pengambilan keputusan, serta baik untuk hati dan kantong empedu.
  • Dengan memegang jari telunjuk maka dapat membantu Anda melepaskan kesedihan, menghilangkan perasaan negatif, serta baik untuk paru-paru dan usus besar.
  • Dengan memegang jari kelingking, maka dapat membantu Anda dalam melepaskan perasaan tidak aman, gugup, harga diri, serta baik untuk jantung dan usus kecil.

Dengan memegang jari kelingking, maka aliran darah dapat menjadi lancar dan meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir dan berkonsentrasi pada hal-hal penting.

Teknik finger holding therapy juga bisa Anda gabungkan dengan teknik afirmasi positif, atau bagi umat Muslim bisa sambil melakukan dzikir.

Cara mengelola rasa sakit dengan titik positif

Selain titik positif bermanfaat  untuk emosi negatif, titik positif juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Bila sakit, letakkan satu tangan di dahi dan tangan lainnya di tempat yang sakit. Misalnya di bagian perut yang sakit, di bagian belakang yang sakit, kepala yang sakit, di lutut yang sulit digerakkan, di pipi apabila sakit gigi, dan lainnya.
  • Renungkan permulaan sakit dan semua aspek yang berhubungan dengannya. Bernapaslah dengan baik. Anda pun dapat menarik napas panjang melalui hidung, kemudian tahan sebentar, dan hembuskan perlahan melalui mulut.
  • Saat Anda menghembuskan napas, Anda dapat membayangkan ketegangan dalam otot dan sakit Anda berkurang dan terbuang seiring dengan hembusan napas Anda.
  • Lakukan sampai kondisi Anda membaik dan sakit berkurang.

 

Anda juga dapat menggabungkan teknik-teknik di atas dengan musik relaksasi. Musik relaksasi dapat Anda dapatkan di video P2Japsi Channel berikut ini:

Demikian artikel mengenai cara sederhana dan mudah dilakukan sebagai cara mengelola stres Anda. Semoga membantu dan bermanfaat. Salam sehat mental dari P2Japsi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.