13 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dari Sudut Pandang Psikologi

0 29

Pembahasan Mengenai Malas dan Cara Efektif Membantu Mengatasi atau Cara Menghilangkan Rasa Malas Ditinjau dari Sudut Pandang Psikologi

Pernah tidak Sahabat merasakan tidak nafsu untuk melakukan sesuatu? Inginnya tiduran atau istirahat saja? Malas untuk melakukan hal apapun itu, baik itu menyenangkan maupun tidak menyenangkan?

Jika jawabannya, iya. Mari Sahabat simak dan baca artikel sehatmental.net kali ini.

Apa itu Malas?

13 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dari Sudut Pandang Psikologi

Malas adalah kondisi dimana tidak adanya kemauan untuk bekerja atau melakukan sesuatu (KBBI). Menurut KBBI pula, malas merupakan adanya perasaan segan, tidak suka, serta tidak memiliki nafsu.

Pengertian malas lainnya yaitu adanya perasaan pada individu untuk tidak melakukan sesuatu hal akibat adanya penilaian (judgement) negatif atau tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut.

Malas bisa saja berbentuk perilaku seperti malas untuk beraktivitas, malas untuk berkomunikasi, malas belajar, malas makan, dan malas lainnya.

 

Penyebab Malas

Umumnya rasa malas bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

  • Tidak ada minat atau ketertarikan kepada hal tersebut

Sahabat akan mudah menolak dan malas melakukan ketika Sahabat diminta untuk melakukan hal atau kegiatan yang tidak Sahabat senangi atau sukai.

  • Memiliki pandangan negatif

Seperti yang dikemukakan di bagian pengertian malas, bahwa malas bisa muncul karena adanya penilaian atau pandangan negatif terhadap sesuatu hal. Ketika sudah seperti ini kondisinya, bagaimana pun Sahabat akan malas atau bahkan tidak semangat memberikan hasil terbaik pada hal atau kegiatan tersebut.

  • Bosan

Ketika Sahabat bosan dan jenuh melakukan sesuatu, serta bingung untuk melakukan sesuatu hal, maka bisa saja Sahabat akan memilih untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun. (Meski ada beberapa individu ketika bosan justru melakukan hal lain di luar rutinitasnya).

  • Tidak percaya diri

Sebenarnya tidak percaya diri di sini adalah malu. Ketika Sahabat malu dan takut melakukan sesuatu hal, mungkin yang akan terlihat oleh orang lain adalah malas. Sahabat akan dinilai malas oleh orang lain. Padahal kenyataannya, bisa saja tidak minat atau malas melakukan sesuatu karena adanya perasaan tidak percaya diri pada diri Sahabat.

  • Denial (Penyangkalan)

Denial di sini dimaksudkan adalah salah satu mekanisme pertahanan diri Sahabat ketika merasakan emosi negatif, seperti cemas, takut, dan lain. Denial dilakukan guna melindungi diri pada hal realistis yang tidak menyenangkan. Sebagai bentuk denial terhadap hal yang tidak menyenangkan, maka Sahabat akan lebih senang berdiam atau bermalas-malasan.

  • Menarik diri

Karena Sahabat tidak suka dengan aktivitas atau hal tersebut, sebagai responnya Sahabat menarik diri dan malas untuk melakukan hal tersebut.

  • Kurang motivasi

Karena kurang termotivasi melakukan suatu hal, maka Sahabat dapat saja menjadi kurang bersemangat melakukan hal tersebut. Pada akhirnya, Sahabat akan menjadi malas melakukan hal tersebut.

  • Kurang dukungan

Kurangnya dukungan dari orang sekitar dapat membuat individu malas atau tidak bersemangat melakukan hal tertentu.

  • Stres dan frustrasi

Ketika Sahabat merasakan tekanan dan frustrasi mencapai suatu hal, dan Sahabat tidak mampu mencapai hal tersebut. Maka, Sahabat akan mudah merasakan malas melakukan hal tersebut kembali.

  • Depresi

Ketika Sahabat merasakan depresi, maka Sahabat kemungkinan akan kehilangan minat dan pada akhirnya, Sahabat akan malas beraktivitas.

Baca Juga: Depresi

  • Kurang nutrisi

Saat Sahabat kekurangan cairan atau nutrisi dalam tubuh, maka Sahabat akan mudah merasakan lemas melakukan aktivitas. Pada akhirnya, Sahabat akan menjadi malas untuk beraktivitas.

  • Cuaca atau suhu udara

Cuaca dan suhu udara yang dingin atau yang mendukung untuk bermalas-malasan, dapat membuat Sahabat mudah mengantuk dan malas untuk beraktivitas.13 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dari Sudut Pandang Psikologi

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Untuk bisa kembali semangat, untuk bisa kembali suka melakukan aktivitas, kembali semangat dalam belajar, senang bersosialisasi, dan lainnya, maka Sahabat sangat perlu tahu cara menghilangkan rasa malas tersebut.

Berikut cara menghilangkan rasa malas versi sehatmental.net:

  • Pahami sebab

Sahabat sangat perlu sekali memahami sebab munculnya rasa malas Sahabat. Mengapa? Karena dengan begini, Sahabat akan mudah mengenali perasaan dan kondisi Sahabat.

Dengan paham kondisi Sahabat, maka Sahabat akan mudah mencari solusi atas masalah Sahabat.

Ketika Sahabat hanya membiarkan rasa malas ini selalu ada, dan menikmatinya. Maka tentu akan bisa mengganggu produktivitas Sahabat. Yuk Sahabat bangkit dan semangat kembali.

  • Kontrol pikiran

Salah satu cara yang bisa Sahabat lakukan supaya bisa kembali semangat adalah mengontrol pikiran negatif mengenai sebab malasnya Sahabat.

Misalnya Sahabat malas mengerjakan tugas dari A karena si A sudah menyakiti hati Sahabat. Maka, Sahabat bisa menerima rasa tersebut terlebih dahulu, kemudian kontrol pikiran bahwa saya harus berpikir positif. Jika saya terus-terusan malas seperti ini tentu prestasi atau kinerja saya akan jelek.

Baca juga : Cara berpikir positif

  • Lakukan refleksi diri

Cara menghilangkan rasa malas selanjutnya adalah dengan melakukan refleksi diri. Maksud dari refleksi diri di sini adalah melakukan proses untuk melihat kembali pengalaman masa lalu.

Mengapa Sahabat perlu melakukan refleksi diri, karena dengan begini Sahabat akan bisa menyelami perasaan terdalam Sahabat. Kemudian bantu diri Sahabat untuk bisa kembali semangat dan rajin melakukan sesuatu.

  • Ingat tujuan dan atau cita-cita Sahabat

Saat Sahabat malas untuk beraktivitas misal malas belajar, maka coba Sahabat sekarang refleksikan diri atau ingat kembali apa tujuan hidup atau cita-cita Sahabat. Mengapa Sahabat harus bangkit dan semangat kembali? Jadikan tujuan atau cita-cita tersebut sebagai cara menghilangkan rasa malas Sahabat.

  • Beri kata atau kalimat penyemangat diri

Sahabat bisa berikan afirmasi positif atau kalimat positif kepada diri untuk kembali semangat dan tidak malas lagi. Lakukan afirmasi positif ini berulang kali sampai Sahabat kembali semangat.

Kalimat penyemangat diri diantaranya “Aku semangat”; “Aku bisa”; “Aku berprestasi”; “Aku rajin”, dan kalimat penyemangat diri lainnya.

  • Cari social support

Saat Sahabat merasa tidak nyaman dan malas untuk beraktivitas, maka luangkan waktu Sahabat untuk mencari dan menemui social support Sahabat. Social Support Sahabat bisa berasal dari teman dekat atau keluarga, dan tentunya yang terpercaya.

Mintalah bantuan padanya untuk membuat Sahabat kembali semangat dan rajin kembali. Sahabat bisa bercerita, meminta saran, meminta dukungan, atau apapun itu demi membuat Sahabat kembali ceria dan merasakan emosi positif.

  • Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Mungkin Sahabat akan bertanya, mengapa harus melakukan aktivitas, karena kan kondisinya sedang malas?

Begini Sahabat, saat Sahabat merasakan malas beraktivitas karena bosan atau tertekan. Maka Sahabat sangat perlu sekali untuk meluangkan waktu atau mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan atau aktivitas baru. Memang akan perlu usaha dan keinginan untuk melakukannya.

Ingat Sahabat, kalau Sahabat mengikuti “malas” Sahabat, maka bisa saja, Sahabat akan semakin terpuruk kondisinya.

  • Pola hidup sehat

Salah satu yang membuat malas adalah kurangnya nutrisi di dalam tubuh. Jika Sahabat kekurangan nutrisi, maka tubuh Sahabat akan mudah lemas dan malas untuk beraktivitas. Sahabat sangat perlu sekali untuk melakukan pola hidup sehat agar tubuh selalu sehat dan segar.

  • Olahraga

13 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dari Sudut Pandang Psikologi

Agar tubuh kembali segar dan sehat, serta semangat, Sahabat perlu untuk mengerakkan badan atau berolahraga.

  • Buat daftar atau rencana harian

Sahabat bisa membuat list daftar atau rencana harian Sahabat. Penuhi dan lakukan list daftar tersebut, tanpa ada tekanan. Nikmati prosesnya dan lakukan dengan hati senang. Dengan begini, maka malas akan bisa hilang.

  • Jangan biasakan suka menunda

Sahabat sangat perlu sekali untuk tidak terbiasa menunda-nunda pekerjaan. Karena jika demikian, Sahabat akan menikmati penundaan tersebut dan semakin Sahabat menikmati apa yang Sahabat lakukan saat ini, maka Sahabat akan malas melakukan hal yang seharusnya Sahabat lakukan.

Jadikan kebiasaan positif seperti tidak menunda-nunda atau lakukan dengan segera.

  • Berikan reward pada diri

Cara menghilangkan rasa malas terakhir adalah Sahabat dapat “menantang” diri untuk kembali semangat dan rajin. Ketika Sahabat berhasil memenuhi tuntutan tersebut, maka Sahabat dapat memberikan reward (hadiah) pada diri.

13 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Malas

Demikian cara menghilangkan rasa malas versi sehatmental.net. Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Sitti Rahmah Marsidi, S.Psi., M.Psi., Psi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.