14 Cara Move On dari Mantan dengan Cepat dan Ampuh

Cara Move On dari Mantan Pacar Agar Tetap Sehat Mental

0 20

Cara Move On dari Mantan Pacar Agar Tetap Sehat Mental

Artikel sehatmental.net kali ini membahas mengenai berbagai cara move on dari mantan pacar yang bisa Sahabat lakukan yang terbukti cepat dan ampuh.

Mengapa Harus Tepat Cara Move On dari Mantan Pacar?

Ditinggalkan dan putus hubungan dengan orang terkasih, terutama pacar ternyata dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental. Hal ini semakin menekan dan menyiksa ketika Sahabat sedang “lagi sayang-sayangnya”, “lagi senang-senangnya” dengan pacar atau mantan Sahabat.

Beberapa individu merasakan stres dan depresi setelah ditinggal oleh mantan pacar.

Ketika sudah seperti di atas kondisinya, maka Sahabat sangat perlu sekali dan mau tidak mau harus bisa bangkit atau move on dari kondisi kehilangan ini. Betul sekali, Sahabat tentu kehilangan. Karena biasanya bersama-sama dalam setiap aktivitas, sering bertukar pikiran atau curhat, dan saat ini  sudah tidak bisa bersamanya dan berhubungan atau berkomunikasi dengannya.

Move on tentu butuh waktu dan dilakukan dengan tepat ya, Sahabat. Karena hal ini ada kaitannya dengan kondisi kesehatan mental Sahabat. Tetap lakukan cara terbaik untuk bisa kembali ceria dan menjalani aktivitas harian seperti biasanya.

Di artikel sehatmental.net kali ini akan membahas mengenai cara move on dari mantan dengan cepat dan terbukti ampuh.

Kenapa bisa cepat dan terbukti ampuh? Karena jika Sahabat rutin dan terbuka untuk mengikuti saran sehatmental.net ini maka kemungkinan Sahabat akan bisa kembali ceria dan semangat kembali.

Baik, mari kita bahas mengenai cara move on dari mantan dengan cepat dan ampuh menurut sehatmental.net.

Cara Move On dari Mantan Pacar dengan Cepat dan Ampuh Versi Sehatmental.net

Terima Rasa dan Ingatan Mengenai Mantan

Ketika muncul perasaan dan ingatan mengenai mantan di masa lalu, jangan buru-buru untuk mengabaikannya. Karena, perasaan dan ingatan ini butuh diakui, dan rasa tidak pernah bohong.

Sahabat perlu menjadikan rasa dan ingatan yang muncul tersebut sebagai “warning” untuk Sahabat bahwa ada rasa yang harus Sahabat kelola supaya Sahabat bisa tetap merasakan kenyamanan.

Seimbangkan Emosi yang Dirasakan

Maksudnya adalah ketika muncul ingatan yang positif mengenai mantan (misal kenangan indah bersamanya ke suatu tempat), maka seimbangkan ingatan Sahabat dengan hal yang negatif (misal ingat kejadian yang membuat Sahabat marah dan sedih karena ulah mantan pacar Sahabat).

Lakukan Relaksasi Saat Tidak Bisa Mengontrol Ingatan Mengenai Mantan

Ketika Sahabat merasakan tekanan atau emosi negatif mengenai mantan pacar, maka Sahabat bisa mencoba berdamai dengan emosi dan pikiran yang dirasakan. Sahabat bisa menenangkan diri dengan menarik nafas panjang dan keluarkan perlahan sambil mengontrol diri untuk bisa tetap dalam kondisi baik.

Sahabat pun bisa sambil melakukan afirmasi positif kepada diri, misal “tenang, saya baik-baik saja”, “saya bisa kontrol emosi negatif saya”, “saya memang kehilangan dia, namun tanpa dia saya bisa baik-baik saya”. Lakukan relaksasi ini sampai Anda benar-benar merasa tenang.

Hindari mengikuti pikiran alur negatif , kontrol, dan putuskan atau hentikan ketika muncul pikiran yang “aneh”/negatif.

Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Saat Sahabat sulit untuk mengontrol pikiran dan perasaan Sahabat mengenai mantan, maka Sahabat dapat mengalihkan dengan aktivitas yang positif, misal menyalurkan hobi, berolahraga, berkunjung atau menghubungi teman. Aktivitas yang dilakukan adalah sebagai bentuk pengalihan emosi dan pikiran mengenai mantan pacar.

Afirmasi Positif Mengenai Diri Sendiri

Cara move on dari mantan berikutnya adalah melakukan afirmasi positif mengenai diri sendiri. Misalnya Sahabat berpikir bahwa “Saya cantik, baik, cerdas, maka bisa saja dengan mudahnya Sahabat mendapat pengganti yang lebih baik darinya”. Atau berafirmasi positif, bahwa “Dia bukan yang terbaik untuk saya, dan saya yakin akan mendapatkan pengganti yang lebih baik darinya, yang lebih sayang dan cinta saya apa adanya”.

14 Cara Move On dari Mantan Pacar

Berpikir Positif

Berpikir positif hampir sama dengan afirmasi positif. Dengan berpikir positif maka Sahabat bisa merasakan emosi positif. Sahabat bisa berpikir positif misalnya “Kalau dia sayang sama saya, tentu ia akan memperlakukan dengan hal yang baik. Namun, ini tidak ia buktikan. Berarti ia bukan yang terbaik untuk saya.”; “Lebih baik sekarang putusnya daripada nanti. Kalau nanti-nanti, sakitnya lebih terasa”.

Sahabat pun dapat membuat daftar list mengapa ia bukan yang terbaik untuk Sahabat.

Baca juga: 13 Cara Berpikir Positif

Buka Pertemanan Seluasnya

Daripada Sahabat semakin terpuruk dengan kondisi Sahabat dan ingatan mengenai mantan yang tidak tahu bagaimana kelanjutannya, alangkah lebih baiknya jika Sahabat mencoba menjalin hubungan pertemanan seluas mungkin. Sahabat tidak akan tahu, dan sapatahu jodoh Sahabat dapatkan dari pertemanan baru Sahabat dengan orang lain tersebut.

Cari dan Minta Dukungan Dari Orang Sekitar

Sahabat dapat meminta bantuan orang di sekitar dan terpercaya untuk membantu Sahabat mendapatkan kondisi yang lebih baik. Mintalah dukungan dan penguatan dari mereka untuk membantu Sahabat move on dari mantan pacar Sahabat.

Menulis sebagai Cara Move On dari Mantan Pacar

Cara move on dari mantan berikutnya adalah Sahabat dapat mengekspresikan segala rasa dan pikiran Sahabat pada sebuah kertas/tulisan mengenai apa yang Sahabat rasakan dan pikirkan saat ini, mengenai mantan Sahabat.

Di akhir tulisan Sahabat, Sahabat dapat membuat tulisan alasan mengapa harus bisa bangkit dan ceria kembali. Alasan-alasan ini bisa Sahabat tempelkan di dinding atau di tempat yang bisa Sahabat jangkau saat rasa dan ingatan mengenai mantan muncul kembali. Lakukan penguatan positif pada diri Sahabat.

Tidak Mencari Tahu atau Sengaja Menghadirkan Ingatan Mengenai Mantan Pacar

Hindari menghadirkan ingatan mengenai mantan pacar Sahabat. Aktivitas yang perlu Sahabat hindari diantaranya:

  • Tidak mencari tahu kondisi mantan pacar saat ini, misalnya melalui akun media sosialnya
  • Berfantasi mengenai hubungan Sahabat
  • Untuk sementara waktu, singkirkan barang-barang yang bisa mengingatkan Sahabat kepada mantan, kecuali Sahabat sudah bisa move on maka barang ini bisa Sahabat gunakan kembali terutama jika pemberian mantan bermanfaat untuk Sahabat.

Hindari Melampiaskan Kekesalan dan Kekecewaan pada Diri

Ketika muncul keinginan menyakiti diri, melukai diri, atau hal apapun yang merugikan diri, maka ingatlah suatu saat Sahabat akan menyesal akan hal ini. Sahabat akan mengalami dua hal kerugian. Yang pertama, Sahabat semakin terpuruk karena kehilangan mantan, kedua, Sahabat bisa sakit karena ulah Sahabat.

Sahabat dapat melampiaskan kemarahan Sahabat dengan hal positif, misalnya berolahraga, menulis (diakhir tulisan Sahabat, tulisan itu bisa Sahabat remas-remas), menyalurkan energi marah Sahabat dengan media yang tidak berharga (misal kertas atau boneka yang sudah tidak Sahabat gunakan), dan lainnya.

Selesaikan “Hal yang Belum Selesai”

Ketika ada “hal yang belum terselesaikan” dengan mantan, maka selesaikanlah dengan indah dan baik. Karena jika ada hal yang belum terselesaikan, maka bisa menjadi ganjalan. Ganjalan ini bisa membuat Sahabat mengingat kembali mantan dan kenangan bersama mantan.

Penyelesaian “hal yang belum selesai” ini bisa dilakukan di saat setelah putus ataupun menunggu kondisi Sahabat membaik. Tanda Sahabat sudah membaik adalah jika Sahabat sudah bisa mengelola emosi dan pikiran negatif Sahabat dengan hal yang positif. Namun, baiknya tidak menunggu waktu yang lama.

Semakin lama memendam dan tidak terselesaikannya “hal yang belum selesai” ini maka di suatu waktu Sahabat bisa mengingat mantan pacar.

Melakukan Hal Baru

Sahabat dapat mencoba mengalihkan pikiran Sahabat mengenai mantan pacar dengan melakukan hal baru. Dengan demikian, diharapkan hal baru tersebut bisa membuat Sahabat “fokus” untuk melakukannya. Pada akhirnya, Sahabat tidak fokus serta sebagai pengalihan positif terhadap ingatan mengenai mantan pacar.

Baiknya hal baru atau aktivitas baru adalah aktivitas yang Sahabat minati. Misal Sahabat senang dengan desain, maka Sahabat bisa belajar desain grafis menggunakan aplikasi baru.

Konsultasi pada Ahli Profesional

Jika memang cara move on dari mantan di atas kurang efektif pada Sahabat, maka saatnya Sahabat berkonsultasi tatap muka dengan ahli profesional seperti psikolog untuk membantu memahami permasalahan Sahabat lebih mendalam.

 

Demikian informasi tips atau cara move on dari mantan dengan cepat dan ampuh. Semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.