Depresi: Pengertian, Kesembuhan, dan Penanganan

0 18

Pengertian Depresi

Depresi adalah lebih dari sekedar kesedihan. Kesedihan pada individu yang mengalami depresi berupa kesedihan mendalam.

Individu dengan depresi juga dapat merasakan kehilangan atau penurunan minat dan kesenangan dalam aktivitas harian, penurunan berat badan atau kenaikan berat badan yang signifikan, insomnia atau tidur berlebihan, kurang energi, tidak mampu konsentrasi, perasaan tidak berharga atau rasa bersalah yang berlebihan serta pikiran berulang mengenai kematian atau bunuh diri.

Baca juga: Apakah Aku depresi?

Depresi

Apakah Depresi Bisa Sembuh?

Depresi adalah gangguan mental umum dan dapat dialami oleh setiap individu. Depresi dapat disembuhkan. Namun dibutuhkan terapi dan obat antidepresan untuk menunjang pemulihan kesehatan mental. Selain psikoterapi dan obat medis, teknik coping, terapi kognitif-perilaku (CBT) juga dapat membantu penanganan depresi.

Sumber : APA

Penanganan Depresi

Ketika Sahabat merasakan gejala depresi, maka lakukan hal berikut ini:

Berpikir positif

Saat Sahabat merasakan gejala, maka sangat perlu sekali Sahabat berpikir positif.

Baca Juga: 13 Cara Berpikir Positif, dan Disertai Langkah Maupun latihan

Cari dukungan sosial yang tepat di sekitar

Berdiam diri dan mengisolasi diri dari lingkungan dapat meningkatkan resiko gejala dan emosi negatif. Selain itu, menghabiskan banyak waktu membahas masalah Sahabat dengan teman juga dapat meningkatkan depresi. Olehnya itu, pilihlah dukungan sosial yang tepat, yang dapat memahami kondisi dan membantu Sahabat.

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu penanganan depresi yang efektif. Selain hemat biaya, mudah dilakukan, dan dapat membantu penanganan gangguan mental lainnya.

Cari bantuan ahli professional

Jika gejala muncul dan dirasakan tidak ada perubahan signifikan dan semakin memburuk, maka Sahabat dapat meminta bantuan ahli professional seperti psikiater atau psikolog.

Psikolog dan psikiater akan menggali masalah Sahabat lebih mendalam. Olehnya itu, sangat diperlukan tatap muka dan keterbukaan Sahabat ketika berkonsultasi pada ahlinya.

Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat medis seperti anti depresan harus berdasarkan resep dokter.

Penjelasan mengenai artikel ini dapat pula Sahabat saksikan di P2Japsi Channel

Leave A Reply

Your email address will not be published.