Apakah Kepribadian Kamu Introvert Ekstrovert Ambivert?

Introvert Ekstrovert Ambivert

Saya tipe kepribadiannya introvert, ekstrovert, atau ambivert ya?

Ada 3 jenis kepribadian. Namun, orang pada umumnya mengetahuinya hanya ada dua, yaitu introvert dan ekstrovert. Satu tipe kepribadian lainnya adalah ambivert. Kepribadian ambivert berada diantara introvert dan ekstrovert.

Tidak satu orangpun yang 100% ekstrovert atau 100% introvert. Namun, kita bisa memiliki satu dominan kepribadian, yaitu apakah introvert, ekstrovert, ataukah ambivert. Mari kita lihat diagram berikut ini untuk lebih memahami introvert ekstrovert ambivert:

Introvert lebih tertutup terhadap interaksi sosial dibandingkan ekstrovert. Ambivert berada di tengah antara ekstrovert dan introvert.

Tes Introvert Ekstrovert Ambivert

Untuk memudahkan kamu menemukan tipe kepribadian kamu, maka kamu dapat melakukan tes online yang namanya “Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI”. MBTI sudah tersedia banyak di internet. Kamu bisa mencarinya melalui google.com. Kamu pun bisa buka link ini.

Secara garis besar, MBTI terdiri dari Extroversion (E), Sensing (S), Thinking (T), Judgment (J), serta Introversion (I), Intuition (I), Feeling (F), Perception (P). MBTI memiliki 16 tipe, yaitu INFP, ISFP, ESFP, ESTP, ISTP, INTP, ENTP, ENFP, ENFJ, ESFJ, ISFJ, ISTJ, ESTJ, ENTJ, INTJ, dan INFJ.

Dari 16 tipe kepribadian tersebut tidak terdapat ambivert, karena MBTI tidak memuat tipe ambivert. Namun dari tes MBTI, kamu bisa memahami apakah kamu ambivert dengan melihat keseimbangan nilai dari introvert maupun ekstrovert. Kalau nilainya berada di tengah-tengah antara introvert dan ekstrovert, maka bisa jadi tipe kepribadian kamu adalah ambivert.

Ambivert

Tipe kepribadian ambivert umumnya nyaman dengan kelompok dan interaksi sosial, tetapi terkadang juga butuh waktu sendiri. Perbedaan utama dari introvert adalah kamu masih bisa berinteraksi dengan banyak orang. Faktanya, kamu mungkin lebih sering menikmati berada di sekelompok besar orang daripada introvert.

Sementara yang membedakan dengan ekstrovert adalah kamu mungkin tidak senang untuk selalu berinteraksi sosial sepanjang waktu. Sama seperti introvert, kamu butuh menikmati waktu sendirian dan jauh dari keramaian.

 

Daftar Pustaka:

Nicholson, N. (n.d.). How to make friends as an introvert. Blue Sky Publishing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.