7 Tips Trik Lolos Tes Kraepelin Hasil Terbaik

1 21

7 Tips Trik Lolos Tes Kraepelin

Tes kraepelin adalah tes yang diciptakan oleh Emil Kraepelin dan dikerjakan dengan menjumlahkan angka dari bawah ke atas. Dalam menyelesaikan tes kraepelin tentu membutuhkan tips dan trik agar bisa lolos seleksi atau hasilnya optimal. Tes kraepelin biasanya disertai atau dilakukan dengan alat tes psikologi lainnya.

Baca juga: Tes Kraepelin

Ketika Anda mengikuti seleksi dan rekrutmen suatu perusahaan dan Anda mendapatkan tes kraepelin, dan supaya Anda bisa lolos dan sukses tes, maka berikut 7 tips dan trik lolos tes kraepelin:

1. Jaga Kesehatan: Istirahat yang Cukup dan Makanan Bergizi

Agar hasil tes kraepelin bisa maksimal, maka Anda perlu konsentrasi dan badan dalam kondisi fit. Pastikan sebelum Anda mengikuti psikotes,  Anda sebelumnya sudah sarapan, dan tidur yang cukup (tidur minimal 7 jam pada malam hari).

Di hari sebelumnya, Anda juga perlu makan makanan bergizi. Kan gak seru tu, pas udah mau psikotes, Anda jadi sakit perut gara-gara habis makan dan jajan sembarangan.

Jangan pula minum kafein berlebihan yang kerapkali bisa membuat Anda susah tidur dan tidak fit keesokan harinya.

Sarapanlah dengan cukup, jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit. Karena Anda butuh konsentrasi ketika mengerjakan tes kraepelin. Sulit berkonsentrasi ketika perut kosong dan lapar.

2. Sebelum Tes dimulai, Luangkan Waktu ke Kamar Kecil

Baiknya, sebelum tes dimulai, Anda meluangkan waktu ke kamar kecil untuk buang air kecil dan atau menenangkan diri Anda. Karena selama tes kraepelin berlangsung, Anda tidak akan diperbolehkan meninggalkan ruang tes.

3. Sediakan Alat Tulis yang Memadai

Sediakan minimal dua pensil HB. Pensil HB adalah pensil biasa atau yang biasa dipakai oleh anak sekolah, bukan 2B. Pensil HB adalah syarat alat tes kraepelin.

Perlunya menyediakan 2 pensil karena ketika pensil Anda patah atau tidak berfungsi, Anda dapat segera menggantinya. Sediakan pula alat tulis lainnya seperti pulpen. Alat tulis tersebut disimpan di meja atau mudah dijangkau oleh Anda.

Kursi atau meja baiknya rata/datar dan cukup lebar (untuk meletakkan kertas tes kraepelin)

4. Fokus dan Konsentrasi

Handphone sebaiknya dimatikan atau disilentkan. Karena jika tidak, maka pada saat Anda tes, konsentrasi Anda dapat terganggu.

Fokus kepada kemampuan Anda. Baiknya tidak perlu menengok kanan kiri pada testee lain, karena dapat mengganggu konsentrasi dan kemampuan Anda.

Fokuskan pikiran dan perhatian Anda pada tes.

Meskipun tes kraepelin memerlukan ketelitian dan kecepatan dalam pengerjaannya, namun Anda tetap perlu tenang dan tidak terburu-buru.  Kerjakan sebaik mungkin dan sesuai dengan kemampuan Anda

5. Perhatikan Instruksi Tester dengan Baik

Ketika mengerjakan tes, perhatikan instruksi tester dengan baik. Silahkan bertanya jika ada yang Anda kurang pahami.

6. Bersikap Jujur

Jujur yang dimaksud adalah jangan melakukan kecurangan. Kecurangan yang biasa penulis dapatkan adalah testee mencuri start sebelum diberikan aba-aba, testee berusaha menghasilkan hasil yang lurus/sejajar karena sebelumnya pernah membaca artikel (misalnya) bahwa hasil harus lurus ataupun naik turunnya tidak banyak/stabil, dan lainnya. Kenapa hal ini penulis sarankan? Karena yang diperlukan adalah kejujuran dan hasil sesuai dengan kapasitas atau kemampuan Anda.

“Sayang aja, ketika Anda memanipulasi hasil karena bisa saja nantinya akan merugikan Anda”. Contoh kasus, ada testee yang berusaha memanipulasi hasil tes kraepelinnya dengan semaksimal mungkin mendapatkan hasil yang lurus/sejajar. Singkat cerita, ketika ia sudah diterima kerja, ternyata perusahaan memiliki beban kerja tinggi. Testee yang sebelumnya memanipulasi hasil tes ternyata merupakan pribadi yang mudah menyerah atau kurang tahan akan beban kerja tinggi. Pada akhirnya, ia pun “tidak akan betah” atau mudah mengalami stress kerja terutama ketika beban kerja tinggi.

7. Berdoa dan Lakukan yang Terbaik

Sebelum mengerjakan tes kraepelin, (sangat penting sekali) Anda perlu berdoa dan memohon yang terbaik serta kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian 7  tips dan trik lolos tes kraepelin. Tes kraepelin ini umumnya dipakai dalam seleksi dan rekrutmen pegawai. Olehnya itu, Anda perlu menyiapkan diri sedini mungkin untuk bisa menyelesaikan tes dengan baik.

Semoga bermanfaat

Salam P2Japsi

 

1 Comment
  1. […] Untuk tips dan trik lolos tes kraepelin dapat dibuka di halaman ini. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.