7 Kunci Penting Penanganan Depresi

0 19

Depresi adalah gangguan yang umum dialami oleh individu atau siapapun. Tingkat keparahan dari depresi tergantung pada gejala dan lamanya depresi yang dirasakan. Masalah dalam keluarga, pertemanan, kesehatan, pekerjaan, atau pendidikan dapat menjadi faktor penyebab seseorang merasakan depresi.

Dalam artikel sehatmental.net kali ini akan membahas mengenai 7 kunci penting dalam penanganan depresi. Karena kabar baiknya, depresi bisa ditangani. Olehnya itu, sangat perlu penanganan yang tepat agar hasil bisa optimal.

Sebelum ke tahap penanganan depresi, sangat perlu sekali Anda mengetahui dan melakukan screening gejala depresi yang Anda rasakan. Silahkan klik link berikut ini:

Selanjutnya, jika Anda sudah mengetahui kondisi Anda dari screening tersebut, maka jika Anda mengalami depresi, Anda sangat perlu membaca artikel sehatmental.net ini sampai selesai.

Sehatmental.net berharap Anda yang sedang mengalami depresi dapat mengambil banyak informasi yang bermanfaat untuk kesehatan mental Anda dari artikel ini.

Jika Anda tidak memiliki energi atau semangat saat ini, maka bacalah artikel ini sedikit demi sedikit atau mintalah bantuan dari sekitar Anda. Buat diri Anda nyaman dalam melakukan penanganan depresi Anda.

7 Kunci Penting Penanganan Depresi Agar Hasil Optimal dan Efektif

Kunci 1: Informasi Akurat mengenai Depresi

Anda sangat perlu mengetahui informasi penting dan akurat mengenai gangguan yang Anda rasakan. Informasi yang akurat dan tepat dapat membuat kondisi Anda lebih baik. Setidaknya Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dalam penanganan depresi Anda.

Depresi ada sebuah kondisi sakit. Beberapa penelitian ilmiah mengemukakan bahwa depresi memengaruhi fungsi otak yang berkaitan dengan suasana hati, pikiran, tidur, nafsu makan, dan perilaku.

Anda tidak sendiri, karena depresi adalah kondisi yang umum terjadi pada semua orang,

Depresi lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Depresi dapat muncul kembali di kemudian hari, meski banyak individu hanya memiliki satu episode depresi.

Anda perlu memahami gejala depresi, dan setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda mengenai gejala depresi. Jika gejala untuk menyakiti diri atau ada keinginan bunuh diri muncul dalam pikiran Anda, maka Anda perlu segera melakukan konsultasi di psikiater atau psikolog.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan untuk berkonsultasi langsung dengan ahli profesional, maka lakukan hal berikut sebagai pencegahan:

  • Alihkan perhatian Anda dari pikiran tentang menyakiti diri sendiri. Anda bisa mencoba melakukan aktivitas menyenangkan.
  • Hindari aktivitas sendiri atau menyendiri. Anda perlu keluar dan berinteraksi dengan orang lain di sekitar Anda.
  • Anda dapat menghubungi teman terdekat dan terpercaya Anda, ataupun social support system Anda.
Baca JugaDepresi

Tipe Depresi

Berikut ini adalah tipe depresi:

Major Depressive Disorder (MDD), yaitu bentuk depresi paling serius, karena melibatkan banyak gejala yang disebutkan sebagai gejala depresi, terutama suasana hati yang tertekan/depresi dan kehilangan minat atau kesenangan dalam kegiatan rutinitas.

Gejala ini terjadi hampir sepanjang hari, hampir setiap hari selama setidaknya dua minggu. Ketika individu mengalami episode depresi berat, maka ia mungkin akan mengalami banyak episode pada satu waktu dalam kehidupannya.

Dysthymia, yaitu depresi yang tidak terlalu parah tetapi sudah berlangsung lebih lama, yaitu setidaknya selama dua tahun. Ciri paling umum pada dysthymia adalah hilangnya nafsu makan atau makan berlebihan, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, kekurangan energi atau merasa lelah sepanjang waktu, harga diri rendah, sulit berkonsentrasi, dan perasaan putus asa.

Beberapa individu mungkin mengalami dysthymia dan episode depresi berat pada saat yang bersamaan, yang disebut dengan depresi ganda (double depression).

Bipolar Depression, yaitu kondisi individu dapat disertai dengan gejala depresi, mania, atau kombinasi keduanya. Individu dapat merasakan kombinasi suasana hati yang menekan dan peningkatan energi dan agitasi (episode mania). Gangguan bipolar juga sering disebut gangguan depresif manik. Untuk kondisi ini diperlukan obat medis khusus seperti lithium carbonate yang digunakan untuk mengobati gangguan bipolar.

Baca Juga: Tanda Bipolar

Seasonal Affective Disorder (SAD), adalah kondisi depresi yang terjadi ketika individu kurang mendapat sinar matahari, terutama ketika musim dingin. Gejala termasuk depresi biasanya muncul dan hilang pada waktu yang sama setiap tahunnya.

Depresi sangat umum terjadi pada individu yang didiagnosa dengan gangguan penyalahgunaan zat. Jika kondisinya seperti ini maka individu tersebut akan didiagnosa ganda. Kedua gangguan ini harus ditangani dengan terapi.

Depresi juga dapat terjadi bersaman dengan beberapa gangguan fisik. Kondisi ini disebut sebagai “co-occuring disorders”. Contohnya pasien jantung memiliki tingkat depresi tinggi.

Penyebab Depresi

Dalam kondisi depresi, kimiawi tidak bekerja dengan seimbang mengatur emosi positif dan emosi negatif di pusat otak. Namun, beberapa pendapat dan hasil penelitian mengemukakan beberapa penyebab depresi lainnya, yaitu:

Faktor keturunan. Depresi mudah diturunkan dari keluarga yang ada riwayat depresi.

Faktor kimiawi, terutama penggunaan obat-obatan dan alkohol.

Kehidupan penuh tekanan. Maksudnya adalah dalam kehidupan, individu memiliki banyak peristwa yang mengecewakan, atau banyak stres/tekanan yang “menumpuk atau terpendam”. Individu tersebut mungkin merasa tidak mampu mengatasi semua tekanan yang dirasakan dan menjadi sedih serta tertekan.

Penyebab lainnya, diantaranya masalah keluarga atau pernikahan, masalah pekerjaan, masalah keuangan, ketidakmampuan, penyakit medis, bencana alam (kebakaran, banjir, badai), korban kekerasan, kehilangan seperti ditinggal oleh orang terkasih, dan penyakit kronis seperti diabetes, asma, gangguan fungsi jantung, dan lainnya.

Depresi Bukanlah Kelemahan dari Karakter atau Kepribadian

Pahami bahwa menjadi tertekan atau depresi bukan berarti Anda lemah. Depresi adalah penyakit dan butuh penanganan.

Tidak ada yang bisa disalahkan atas depresi Anda. Anda pun tidak bisa disalahkan.

Banyak orang malu mengakui kalau mereka depresi. Namun perlu dipahami bahwa depresi adalah penyakit. Anda tidak salah jika Anda memilikinya.

Depresi dapat Ditritmen secara Efektif

Faktanya bahwa:

  • Ada pengobatan yang terbukti efektif untuk penanganan depresi.
  • Obat medis, talk therapy, atau kombinasi keduanya telah terbukti membantu mengurangi depresi pada kebanyakan orang.
  • Banyak individu yang telah mendapat penanganan dapat bekerja kembali dan menjalani aktivitas mereka seperti sebelum mereka menjadi depresi.
  • Individu dengan Seasonal Affective Disorder (SAD) dapat dibantu dengan alat khusus “light box”.
  • Terkadang individu dengan depresi tidak dapat merawat diri mereka sendiri dan individu tersebut tidak melakukan penanganan dengan obat medis, maka ia perlu direkomendasikan ECT. ECT modern adalah pengobatan alternatif yang nyaman, aman, efektif, dan telah terbukti hasilnya.
  • Individu yang pernah mengalami depresi dapat mengalami depresi kembali. Anda dapat meminimalisir kemungkinan depresi muncul kembali dengan mempelajari beberapa cara penanganan depresi mandiri. Anda dapat menghubungi psikolog untuk memahami cara coping yang baik misalnya.

Kunci 2: Obat Antidepresan dapat Membantu Anda Sembuh dari Depresi

Kebanyakan penderita depresi dibantu dengan obat-obatan medis. Untuk penggunaannya perlu konsultasi dan petunjuk resep dari dokter. Penggunaan antidepresan bisa dikonsultasikan pada psikiater atau dokter umum. Psikolog tidak memiliki kewenangan atau kapasitas memberikan resep obat medis (kecuali dengan pengecualian).

Obat medis membantu mempengaruhi impuls saraf diantara sel-sel saraf di otak. Obat medis membantu mentransmisikan sinyal yang mengembalikan fungsi saraf normal dan menstabilkan suasana hati.

Lamanya penggunaan obat medis tergantung pada kondisi depresi Anda. Dilaporkan bahwa beberapa pasien merasakan obat medis bekerja efektif setelah minggu pertama dan bahkan ada yang memakan waktu hingga 8 minggu. Bahkan ada pula yang merasa lebih baik dan perlu obat medis selama 4 hingga 9 bulan agar mencegah depresi muncul kembali.

Penggunaan antidepresan dapat menyebabkan efek samping ringan dan biasanya sementara. Jika efek samping sangat mengganggu, maka segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Kunci 3: Praktek Berpikir Positif Dapat Membantu Anda Merasakan Kondisi yang Lebih Baik

Berpikir positif dan negatif dapat memberikan efek kepada kondisi depresi yang Anda rasakan. Ketika Anda melihat dan berpikir secara negatif maka Anda lebih cenderung merasakan tertekan. Namun, jika Anda belajar dan berpikir secara positif, serta mencari hal-hal baik dalam kehidupan Anda, maka cara ini dapat mengurangi depresi yang Anda rasakan.

Ketika Anda merasakan depresi, maka sulit untuk melihat hal-hal baik dalam kehidupan Anda, kecuali Anda melihat lebih dalam.

Hanya dengan melihat sisi negatif atau buruk mengenai kehidupan Anda dan mengkhawatirkannya, maka cara ini dapat menjadi kebiasaan. Kondisi ini akan semakin membuat Anda tetap depresi. Namun ketika Anda mencari bagian yang baik, cara ini bisa menjadi kebiasaan dan melatih Anda, serta membantu Anda menangani depresi.

Sama halnya dengan ketika Anda memikirkan masa depan, dan saat Anda depresi maka yang tampak adalah masa depan yang suram. Namun ketika Anda berlatih memikirkan hal-hal baik atau positif mengenai masa depan, maka cara ini dapat membuat Anda mungkin merasa kurang tertekan/depresi.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam berpikir secara positif, maka sepatutnya Anda memerlukan konsultasi lebih mendalam pada psikolog atau psikiater untuk membantu Anda belajar mengenai pikiran, sikap, dan perilaku Anda.

Kunci 4: Pola Hidup Sehat Membantu Anda Merasakan Kondisi yang Lebih Baik

Anda dapat membuat kondisi Anda lebih baik dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Lakukan hari ini dan lakukan keesokan harinya. Hal ini terbukti membuat perasaan dan pikiran lebih baik serta positif.

Ide aktivitas untuk pola hidup sehat

Beberapa ide aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk pola hidup sehat yaitu:

  • Memelihara tanaman di kebun/halaman rumah
  • Berjalan santai di sekitar rumah atau tempat menyenangkan bagi Anda
  • Olahraga

7 Kunci Penting Penanganan Depresi

  • Membaca buku atau artikel pengembangan diri
  • Bermain dengan binatang kesayangan
  • Mendengarkan musik

Namun sebaiknya hindari musik yang bernuansa sedih dan membuat suasana hati Anda menjadi negatif.

  • Meditasi atau berdoa

7 Kunci Penting Penanganan Depresi

  • Menyalurkan hobi yang menyenangkan
  • Menghabiskan waktu bersama teman yang dapat memberikan kebahagiaan pada Anda

Lakukan aktivitas di luar rumah untuk mendapatkan banyak sinar matahari

Sinar matahari terbukti dapat mengurangi gejala depresi

Hindari penggunaan alkohol atau depresan lainnya

Kurangi kafein, nikotin, atau stimulant lainnya terutama pada sore hari

Makan makanan sehat dan bergizi

Beberapa hal yang perlu Anda hindari yaitu hindari makan untuk menghilangkan stress, cemas, kesepian, dan emosi negatif lainnya, yaitu hindari makan berlebihan, hindari diet salah dan ekstrim, lakukan diet sesuai anjuran dokter, serta kurangi makanan yang berlemak, berminyak, dan bergula.

Yang harus Anda makan adalah makanan yang berasal dari karbohidrat kompleks, sayuran, dan buah-buahan. Minum air putih yang cukup, yaitu setidaknya 8 gelas air yang bebas kafein, bebas gula (kecuali dokter menganjurkan sebaliknya).

Lakukan pola tidur sehat

Jika Anda kesulitan untuk tidur (insomnia), maka Anda perlu melakukan beberapa hal untuk membantu mengurangi insomnia Anda.

Menghabiskan waktu dengan orang di sekitar Anda yang bisa membuat Anda bahagia

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu komunikasikan kondisi Anda, dan mintalah dukungan darinya. Anda pun dapat meminta solusi darinya, dan bergabung dengan komunitas social support. Keluarga dan teman dapat membantu Anda mengatasi permasalahan Anda, sehingga belajarlah untuk terbuka akan hal ini.

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan adalah bantulah orang di sekitar Anda yang butuh bantuan Anda. Membantu orang lain dan melihat orang lain bahagia dapat meningkatkan perasaan bermakna pada diri, dan tentunya bisa membantu Anda lebih baik. Namun, bantuan diberikan pada orang yang tepat dan benar membutuhkan bantuan. Lakukanlah dengan ikhlas dan tanpa berharap lebih/pamrih.

Kunci 5: Bergabung dengan Support Group Dapat Membantu Anda Merasakan Kondisi yang Lebih Baik

7 Kunci Penting Penanganan Depresi

Bergabung dengan support group merupakan salah satu kunci penanganan depresi. Anda dapat bergabung pada komunitas atau grup social support yang memiliki minat dan permasalahan yang sama dengan Anda. Karena dengan berbagi maka kondisi Anda bisa semakin membaik.

Support Group ini sudah tersedia di online/virtual. Salah satu komunitas tersebut adalah Depression Warriors Indonesia.

Kunci 6: Depresi Berbeda pada Pria dan Wanita

Antara wanita dan pria memiliki gejala depresi yang berbeda serta memiliki coping yang berbeda pada gejala depresi yang dirasakan. Pria terbuka dan mengakui perasaan yang dirasakan, misal lelah, mudah marah, kehilangan minat pada pekerjaan atau kesenangan, dan masalah tidur, perasaan sedih, tidak berharga, serta rasa bersalah yang berlebihan, daripada depresi yang mereka rasakan.

Wanita lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan pria, dan depresi berat serta dysthymia berisiko dua kali lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Kunci 7: Proses Pemulihan untuk Pria dan Wanita

Depresi adalah penyakit atau gangguan yang dapat ditangani. Individu dengan depresi berat pun dapat responsif terhadap penanganan depresi.

Langkah pertama dalam penanganan depresi adalah melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengecualikan masalah fisik yang dapat menyebabkan gejala depresi. Maksudnya adalah, perlu mencari tahu apakah depresi disebabkan oleh gangguan atau masalah pada fisik.

Karena jika depresi disebabkan oleh masalah fisik, maka penanganan masalah fisik perlu dilakukan terlebih dahulu. Dengan asumsi bahwa ketika masalah fisik sembuh maka individu tidak merasakan depresi.

Karena obat medis dapat menimbulkan efek samping seperti gejala depresi, maka dokter harus teliti dalam memeriksa pasien.

Jika penyebab depresi bukan masalah fisik maka asesmen psikologi perlu dilakukan. Penanganan depresi secara psikologis dapat dilakukan oleh psikolog dan psikiater.

Lebih dari 80 persen penderita depresi baik pria maupun wanita dapat tertangani dengan baik dengan obat medis antidepresan, psikoterapi, atau kombinasi keduanya. Penanganan depresi dapat disesuaikan dengan level depresi yang dirasakan.

Semakin cepat Anda meminta bantuan pada ahli profesional, maka semakin cepat pemulihan depresi Anda.

 

Kesimpulan

Depresi dapat ditangani dengan baik jika mendapat penanganan terbaik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam penanganan depresi Anda. Sesuaikan dengan level atau kondisi depresi yang Anda rasakan. Karena masing-masing individu memiliki cara dan teknik penanganan depresi yang berbeda.

Namun demikian, pahami kunci penting keberhasilan penanganan depresi agar kondisi Anda lebih baik. Pahami informasi mengenai depresi secara lengkap dan tepat, patuhi penggunaan obat antidepresan, berpikir positif, pola hidup sehat, bergabung dengan social support group, dan perubahan perilaku positif lainnya.

Dengan mengubah perilaku negatif dan penyebab depresi, maka kemungkinan sehat mental dapat Anda rasakan. Dengan perawatan yang tepat, maka Anda bisa kembali sehat mental, produktif, dan memiliki hubungan yang baik dengan sekitar.

Demikian artikel sehatmental.net mengenai 7 kunci penting penanganan depresi. Semoga bermanfaat bagi Anda.

 

Sumber: ValueOptions

Leave A Reply

Your email address will not be published.