11 Penyebab Tidak Percaya Diri

0 18

11 Penyebab Tidak Percaya Diri

Menjadi tidak percaya diri tentu tidak nyaman ya, Sahabat. Karena apa? Karena menjadi tidak percaya diri membuat individu tidak mampu menampilkan kinerjanya secara optimal atau tidak mampu menjadi pribadi yang membanggakan (setidaknya membanggakan bagi diri sendiri). Selain itu, ada beberapa akibat yang juga dirasakan apabila Sahabat tidak percaya diri.

Nah olehnya itu, penting sekali Sahabat memahami penyebab kenapa Sahabat tidak percaya diri agar dapat membantu Sahabat mengatasi rasa tidak percaya diri tersebut.

Berikut ini ada 11 penyebab tidak percaya diri:

1. Adanya “Tuntutan” dan Tuntutan di Luar Kemampuan Diri

Adanya tuntutan dari orang lain di sekitar dapat membuat individu tidak percaya diri. Dalam kasus ini misalnya ketika diberikan tuntutan dan pekerjaan di luar kemampuan individu tersebut, maka individu tersebut akan mudah merasakan cemas, dan terkadang juga Ia merasa tidak percaya diri melakukan hal tersebut.

2. Seringkali Dianggap Tidak Mampu” atau “Tidak Bisa”

10+ Penyebab Tidak Percaya Diri

Karena terbiasa dianggap tidak mampu atau tidak bisa, maka individu bisa saja merasa tidak ada yang bisa Ia lakukan. Akhirnya, ketika Ia diminta melakukan hal baru atau hal yang lebih sulit, maka individu tersebut akan mudah merasakan tidak percaya diri, dan tertekan.

3. Tidak Ada yang Bisa Dibanggakan pada Diri

Karena merasa tidak memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan, dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

4. Jarang Diapresiasi

Karena jarang diapresiasi oleh sekitar, maka individu terkadang merasa tidak ada yang dibanggakan oleh dirinya. Olehnya itu, jarang diapresiasi dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan pemalu.

5. Takut Mencoba Hal Baru

Individu yang tidak percaya diri dapat disebabkan kecemasan atau ketakutan mencoba hal baru. Karena Ia takut akan hasil negatif yang dicapai.

6. Kritik yang Berlebihan

10 Penyebab Tidak Percaya Diri

Kritik yang berlebihan dan menyakiti hati dapat membuat individu mudah tertekan dan pada akhirnya bisa membuat individu tersebut menjadi tidak percaya diri, pesimis, dan enggan untuk melakukan sesuatu yang positif.

7. Merasa Berbeda

Merasa berbeda atau lain dari sekitar, dapat membuat individu menjadi tidak percaya diri. Perbedaan ini bisa disebabkan banyak hal, misal kemampuan diri, ekonomi, status sosial, fisik, dan lainnya.

8. Pengaruh Pola Asuh

Pola Asuh yang suka mengkritik, memberikan tuntutan, dan cenderung memaksakan kehendak, akan mampu membuat individu mudah merasakan tidak percaya diri.

9. Penampilan Fisik

Penampilan fisik yang berbeda atau tidak sesuai dengan harapan, dapat membuat individu tersebut mudah merasakan tidak percaya diri.

10. Pengalaman Tidak Menyenangkan atau Traumatis

Adanya pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu dapat membuat seseorang mudah merasakan tidak percaya diri, terutama jika pengalaman tidak menyenangkan tersebut berkaitan dengan harga diri.

11. Korban Kekerasan

Dalam hal ini, individu yang sering mengalami kekerasan dari orang sekitarnya, akan mudah merasakan tidak percaya diri. Hal ini kaitannya dengan harga diri dan konsep diri negatif.

 

Demikian informasi mengenai 11 Penyebab Tidak Percaya Diri pada Individu. Semoga dapat memberikan gambaran pada Sahabat. Pada intinya, penyebab tidak percaya diri dapat berbeda antar individu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.