Kenali 5 Tanda Bipolar Ini

0 15

Mengenal Tanda Bipolar

Tanda Bipolar

Sehatmental.net kali ini akan membahas mengenai tanda bipolar atau gejala bipolar.

Bipolar adalah kondisi yang dikenal pula dengan depresi manik. Individu yang mengalami bipolar menunjukkan perubahan mood (suasana hati) atau emosi yang dapat berubah drastis yaitu dari sangat bahagia menjadi sangat sedih, dari percaya diri menjadi pesimis, dan atau dari bersemangat menjadi malas beraktivitas, ataupun sebaliknya. Sebelum terjadi perubahan mood satu ke mood lain, biasanya terdapat fase mood normal pada penderita. Namun pada kasus tertentu, perubahan mood juga dapat terjadi tanpa adanya fase mood normal. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan dalam kehidupan sehari-hari, merugikan atau membahayakan penderitanya.

Ketika berada pada periode depresi, penderita akan merasa sangat terpuruk, tidak bersemangat atau lesu. Episode depresi lainnya seperti energi rendah, motivasi rendah, dan kehilangan minat dalam aktivitas harian. Pada periode mania atau hypomania, penderitanya akan menjadi terlalu aktif dan menjadi sangat senang. Saat eposiode mania terdapat gejala lain seperti energi tinggi, jam tidur yang kurang, dan seringkali berkhayal.

Gejala bipolar yang dirasakan oleh penderitanya berupa perubahan mood drastis yang dapat terjadi selama  beberapa hari hingga berbulan-bulan, sering, dan mungkin ada pikiran untuk bunuh diri. Penderita sangat jarang merasakan suasana hati yang “normal”. Selain itu, gejala mania juga dapat ditandai dengan munculnya pikiran membuat keputusan yang buruk. Penderita gangguan bipolar juga dapat secara tiba-tiba melakukan hubungan seksual yang tidak sehat, penyalahgunaan obat-obatan atau NAPZA, atau melakukan hal lain yang merugikan diri dan orang lain atau sekitarnya.

 

Tanda Bipolar atau Gejala Bipolar

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders edisi kelima (DSM-V) mengemukakan bahwa gangguan bipolar ditandai dengan periode depresi yang berkepanjangan, mendalam, dan intens yang mudah berganti dengan periode mania yaitu mood yang sangat gembira dan mudah kesal secara berlebihan.

Diagnosa gangguan bipolar apabila memenuhi kriteria berikut:

Mengalami kejadian mania atau hypomania dan depresi

Individu dengan bipolar akan mengalami mania atau hypomania dan depresi

Gejala mania mengganggu

Gejala mania mengganggu secara terus-menerus dan setidaknya selama satu minggu yang ditandai dengan perasaan gembira yang meluap-luap, mudah marah, atau sangat ekspresif dan terbuka

Muncul gejala mania dari tiga gejala mania

Saat gejala mania muncul, individu harus mengalami setidaknya tiga dari gejala mania berikut, yaitu: hilangnya rasa kebutuhan untuk tidur; mudah terdistraksi atau terganggu dan terlihat jelas; berbicara secara berlebihan atau cara berbicara yang tidak beraturan dan terlalu cepat; meningkatnya tingkat aktivitas yang berfokus pada tujuan di rumah, di kantor, ataupun secara seksual; merasa superior dan tidak terkalahkan; meningkatnya aktivitas-aktivitas yang menimbulkan rasa senang secara berlebihan dan terkadang dengan konsekuensi yang menyakitkan; pemikiran yang berkelabat dengan konsekuensi yang menyakitkan; pemikiran yang berkelabat atau loncatan-loncatan ide (flight of ideas).

Pada episode hypomania, merasakan gejala dalam waktu minimal empat hari berturut-turut dan gejalanya tidak separah mania

Pada hypomania, individu mengalami suasana hati gembira yang berlebihan, mudah marah, atau sangat ekspresif dan terbuka. Kondisi ini berlangsung setidaknya terjadi selama empat hari berturut-turut dan gejala-gejala yang dirasakan tidak separah mania yang mengganggu fungsi sehari-hari atau sampai membutuhkan layanan rawat inap. Hypomania juga tidak menimbulkan psikosis. Individu yang mengalami hypomania jika tiga dari gejala-gejala mania yang tercantum dialami oleh individu.

Mengalami gejala depresi

5 Tanda Bipolar

Individu akan didiagnosa mengalami depresi jika individu mengalami setidaknya lima dari gejala-gejala depresi yang dicantumkan berikut ini dan terjadi selama dua minggu:

  • Salah satu dari kelima gejala tersebut haruslah suasana hati yang murung atau tertekan, atau kehilangan minat atau rasa senang.
  • Gejala tersebut meliputi: hilangnya minat atau rasa senang pada hampir semua aktivitas; suasana hati yang tertekan atau murang; insomnia atau hypersomnia; adanya kenaikan berat badan, penurunan berat badan, peningkatan atau penurunan nafsu makan yang signifikan; gangguan pada psikomotor berupa kesulitan untuk melakukan aktivitas harian, kecemasan yang berefek kepada psikomotor seperti mengelilingi ruangan atau mengetuk-ketukan kaki di lantai; kelelahan atau kehilangan energi; pikiran yang sering atau berulang tentang kematian atau bunuh diri; individu mungkin memiliki rencana bunuh diri atau pernah melakukan percobaan bunuh diri; hilangnya kemampuan untuk berpikir atau berkonsentrasi, keragu-raguan.

Baca Juga: Apakah Aku Depresi?

Demikian artikel mengenai 5 tanda bipolar. Semoga artikel sehatmental.net ini memberikan gambaran mendalam mengenai tanda bipolar atau gangguan bipolar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.