Inilah 7 Alasan Mengapa Wanita Depresi

0 22

Mengapa Wanita Lebih Berisiko Mengalami Depresi dibandingkan Pria?

Wanita memiliki resiko yang lebih besar mengalami depresi dibandingkan pria. Depresi berat serta dysthymia berisiko dua kali lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Penyebab Wanita Depresi

Inilah 7 Alasan Mengapa Wanita Depresi

Beberapa sebab yang mempengaruhi wanita lebih mudah merasakan depresi, diantaranya yaitu:

Reproduksi

Beberapa wanita mengalami perubahan tertentu pada fase menstruasi. Beberapa diantara mereka merasakan depresi, lekas marah, dan perubahan lainnya saat menstruasi.

Perubahan suasana hati setelah melahirkan juga dirasakan oleh beberapa wanita. Perubahan ini dapat disebut dengan baby blues.

Kehamilan terutama yang tidak diinginkan berpengaruh terhadap munculnya depresi, dan melakukan aborsi lebih mengarah kepada depresi. Wanita dengan masalah kesuburan juga dapat mengalami kecemasan atau kesedihan yang ekstrem.

Selain itu, menjadi seorang ibu mungkin beresiko tinggi merasakan depresi. Hal ini tidak lain karena stres dan tuntutan.

Menopause, secara umum tidak terkait dengan peningkatan risiko depresi. Wanita yang lebih rentan mengalami depresi jika memiliki riwayat episode depresi di masa lalu.

Pengaruh hormon

Wanita mudah merasakan depresi karena pengaruh hormon. Perubahan hormon saat menstruasi, hamil, dan melahirkan turut berpengaruh pada depresi.

Riwayat keturunan

Wanita yang memiliki riwayat keluarga mengalami depresi akan memiliki peluang yang lebih besar merasakan depresi dibanding wanita yang tidak memiliki keluarga dengan depresi.

Korban kekerasan

Inilah 7 Alasan Mengapa Wanita Depresi

Hasil penelitian mengemukakan bahwa wanita yang dianiaya di masa kanak-kanak lebih mungkin mengalami depresi pada suatu waktu rentang kehidupannya dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat tersebut.

Pelecehan fisik dan seksual pada wanita juga berdampak kepada depresi dan traumatis. Hal ini kaitannya dengan harga diri rendah, rasa tidak berdaya, putus asa, menyalahkan diri sendiri, dan isolasi sosial.

Untuk korban kekerasan, terdapat instansi yang dapat membantu penanganannya, diantaranya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Hubungan dengan orang lain

Beberapa hasil penelitian mengemukakan bahwa depresi lebih tinggi dirasakan oleh wanita bukan karena faktor kerentanan yang lebih besar, namun karena tekanan yang dirasakan.
Wanita depresi karena wanita mudah tertekan akan tanggung jawab utama di rumah dan tempat kerja, menjadi orangtua tunggal, merawat anak-anak, merawat orangtua yang sudah lanjut usia, dan kualitas pernikahan atau hubungan dengan pasangan.

Kurangnya hubungan yang harmonis dan intim, pertengkaran dalam rumah tangga adalah faktor yang terbukti dapat menyebabkan wanita depresi.  Fakta lain, bahwa wanita yang menikah dan pernikahan tidak bahagia berisiko lebih tinggi merasakan depresi.

Pengaruh emosional dan perilaku gaya hidup

Pola hidup tidak sehat seperti penggunaan obat-obatan dan alkohol memberikan sumbangsih pada individu untuk merasakan depresi.

Kurang atau tidak adanya dukungan sosial

Kesedihan dan semangat kerja yang rendah lebih umum terjadi pada individu dengan pendapatan rendah dan mereka yang tidak memiliki dukungan sosial. Demikian halnya dengan wanita, kurang atau tidak adanya dukungan dari sekitar dapat membuat wanita depresi.

Demikian artikel sehatmental.net mengenai alasan mengapa wanita depresi lebih mudah terjadi dibandingkan pada pria. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.